China desak AS jelaskan kecelakaan kapal selam nuklir di Laut China Selatan

id kapal selam China,kapal selam AS,USS Connecticut,Zhao Lijian

China desak AS jelaskan kecelakaan kapal selam nuklir di Laut China Selatan

Jubir Kemlu China Zhao Lijian (ANTARA/HO-MFA/mii)

Beijing (ANTARA) -  China mendesak Amerika Serikat menjelaskan insiden kecelakaan yang melibatkan kapal selam nuklir USS Connecticut di Laut China Selatan.

"Pihak China berulang kali menyatakan keprihatinannya atas peristiwa tersebut dan meminta klarifikasi dari pihak AS," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Zhao Lijian di Beijing, Selasa.

Namun sampai saat ini, pihaknya tidak menerima penjelasan kecuali informasi yang dia terima bahwa insiden itu memang terjadi di Laut China Selatan.

Ia mendesak AS menunjukkan rasa tanggung  jawabnya dengan memberikan penjelasan secara detil atas peristiwa tersebut sesegera mungkin agar komunitas internasional dan negara-negara di kawasan puas.

"Apa yang dilakukan USS Connecticut secara diam-diam di Laut China Selatan? Bertabrakan dengan apa? Mengapa tabrakan itu terjadi? Apakah ada kebocoran nuklir yang menimbulkan pencemaran nuklir di sekitarnya?" kata Zhao menanggapi kembalinya USS Connecticut ke pangkalan Angkatan Laut AS di Guam itu.

Kapal selam tipe serang USS Connecticut menabrak objek tak dikenal di perairan Laut China Selatan pada 2 Oktober.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, kecuali beberapa awaknya yang mengalami luka ringan. Setelah peristiwa itu, kapal selam tersebut kembali ke pangkalannya di Guam. 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021