Atlet Muay Thai Lampung memerlukan lawan buat uji tanding

id atlet muaythai lampung, pelatnas muaythai, pon papua, sea games,pelatnas lampung

Atlet Muay Thai Lampung memerlukan lawan buat uji tanding

Atlet Muay Thai Lampung Mitra Waruwu. ANTARA/HO

Ya, kalau menu latihannya memang lebih banyak ke fisik yang cukup berat, dan kemudian teknik dan tarung ringan
Bandarlampung (ANTARA) - Atlet Muay Thai Lampung yang sekarang berada di Pelatnas Muay Thai untuk mengikuti pelatihan bersama beberapa atlet lainnya di Regent Kedaton, Kabupaten Bogor, Jawa Barat memerlukan lawan untuk uji tanding. 

"Ya, kalau menu latihannya memang lebih banyak ke fisik yang cukup berat, dan kemudian teknik dan tarung ringan," kata atlet Muay Thai Lampung Mitra Waruwu, saat dihubungi dari Bandarlampung, Jumat. 

Mitra mengatakan bahwa dirinya secara pribadi memang menginginkan banyak bertemu dengan sparring partner untuk latihan dan mengaplikasikan teknik yang selama ini dipelajari baik di Lampung maupun di pelatnas.

"Harusnya lebih banyak sparring partner dengan kelas yang lebih di atas saya, maksimal dengan kelas 60 kg. Karena kelas 54 kg ini kan kelas lincah, maka harus cari lawan yang juga sesuai dengan karakter kelas ini, agar bisa menerapkan sesi latihan ke tarung sparring," ujar Mitra.

Menurutnya, kendati sparring partner atau latih tanding tidak mengeluarkan kekuatan penuh dan teknik seratus persen, namun sekadar untuk menerapkan masukan dari pelatih saat latihan sangat diperlukan. "Dan untuk mengukur kekuatan kita sendiri tentunya,” katanya lagi.

Rencana sebelumnya awal Juli 2021 seharusnya atlet pelatnas sudah harus ke Thailand. Namun karena penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di dalam negeri serta belum dapat lampu hijau dari Negeri Gajah Putih itu, maka semuanya masih harus menunggu waktu yang tepat.

"Ya, kalau kami memang ingin sekali ke Thailand, karena di sana kan asal dari olahraga ini, tentu banyak hal yang bisa diambil kalau latihan di tempat asal olahraga ini berkembang," katanya pula. 

Sebelumnya direncanakan pelatih Way Krue akan didatangkan dari Thailand, namun karena pandemi COVID-19, maka hal ini belum dapat terealisasi, bahkan rencana latihan ke Thailand pun bagi para atlet pelatnas masih tertunda.

Namun Mitra Waruwu menyatakan akan tetap fokus persiapan ke PON Papua dengan targetnya meraih medali emas. “Nah kalau itu tetap fokus. Saya nomor satu adalah PON Papua," ujarnya bersemangat. 

Dua atlet Lampung di Pelatnas Muay Thai yakni Mitra Waruwu dan Agus Dwi Cahyo (Way Krue). Sedangkan Jawa Barat menempatkan 1 orang dan Sulsel 1 orang, kemudian atlet dari NTB masih kembali ke daerahnya.

Pelatih yang menangani pelatnas kali ini yakni Otmil dan Rafo dari Jawa Barat yang sampai saat ini masih mendalami dua kategori yakni latihan fisik dan teknik.
Baca juga: Maryono: Tiga petembak Lampung masuk Pelatnas SEA Games
Baca juga: Atlet panahan Lampung berpeluang masuk Pelatnas Panahan Olimpiade Tokyo