HK bersama Dinkes dan Polres Lampung Tengah lakukan rapid tes antigen gratis

id lampung, hk, hutama karya, jalan tol, tol lampung

HK bersama Dinkes dan Polres Lampung Tengah lakukan rapid tes antigen gratis

Petugas kesehatan sedang melakukan rapid tes antigen kepada salah satu penegndara di gerbang tol Gunung Sugih (Antaralampung/ Doc Hutama Karya)

Jadi nanti sopir dan kernet truk wajib rapid test antigen, dan menunggu sampai hasilnya keluar sekitar 20 menit, katanya.

Bandarlampung (ANTARA) - PT Hutama Karya ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) bersama Polres Lampung Tengah dan Dinas Kesehatan Lampung Tengah, melakukan pemeriksaan rapid tes antigen gratis kepada para pengendara yang keluar di gerbang tol Gunung Sugih.

“Kita lakukan pemeriksaan rapid test antigen secara gratis kepada pengendara yang keluar di pintu gerbang tol Gunung Sugih,” kata Kepala Oprasional Hutama Karya Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Mujiono, di Lampung Tengah, Senin.

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan saat berkendara sangat perlu, karena dapat menghindari penyebaran COVID-19 di kendaraan, serta wajib menerapkan 4M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan.

Baca juga: PT HK Ruas Bakter lakukan tes GeNose C19 kepada seluruh karyawan

Selain itu, para pengendara juga harus dalam keadaan sehat saat berkendara, agar penumpang yang ada di kendaraan tidak tertular.

Muji menjelaskan, rapid test antigen diberikan secara cuma-cuma alias gratis kepada seluruh sopir yang akan bepergian jauh atau datang dari daerah lain, terutama mobil truk.

“Jadi nanti sopir dan kernet truk wajib rapid test antigen, dan menunggu sampai hasilnya keluar sekitar 20 menit. Bila nonreaktif, maka akan diberikan surat keterangan sehat. Bila reaktif maka akan dilakukan tes lanjutan oleh tim kesehatan lainnya,” ujarnya.

Baca juga: HK ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dukung larangan mudik

Ia mengharapkan, pengendara tetap mematuhi rambu lalu lintas yang ada, dan jangan melebihi kecepatan yang telah ditentukan, karena dapat membahayakan pengendara dan penumpang yang ada di dalamnya.

Branch Manager PT Hutama Karya Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Hanung Hanindito, mengimbau seluruh pengendara untuk tetap berhati-hati saat berkendara di jalan tol, lakukan istirahat yang cukup, dan bila sudah merasa lelah dan ngantuk sebaiknya beristirahat di rest area yang telah tersedia untuk menghindari kecelakaan akibat ngantuk.

Baca juga: Pengendara dihimbau waspadai perbaikan jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar

Bila terdapat kejadian seperti habis minyak, pecah ban atau butuh bantuan dari petugas di lapangan, pengendara bisa langsung menghubungi call center yang telah di siapkan oleh pihak pengelola, yaitu di nomor telepon (0721) 0721 561 8009/ 0811 791 0812 atau melalui media sosial Instagram  hk_tollbakter
dan Twitter  hk_tollbakter.