BKKBN: Advokasi program KKBPK untuk mendorong pembangunan daerah

id bkkbn lampung, program kkbpk, kepala bkkbn lampung

BKKBN: Advokasi program KKBPK untuk mendorong pembangunan daerah

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Uliantina Meiti, di Bandarlampung, Rabu (27/11/2019) (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)
Provinsi Lampung Uliantina Meiti mengatakan Tim Kelompok Kerja Advokasi Program KKBPK yang beranggotakan lintas sektor di tingkat provinsi dan kabupaten/kota merupakan upaya lembaga ini untuk mendorong pembangunan daerah.

"Dasar kemitraan ini adalah adanya kesamaan visi untuk mencapai tujuan bersama, yaitu terwujudnya keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera dalam rangka mendukung suksesnya pembangunan daerah yang kita cintai ini," ujarnya, pada 
Lokakarya Pembentukan Kelompok Kerja Advokasi Program KKBPK Provinsi Lampung dan Kabupaten/Kota Tahun 2019, di Bandarlampung, Rabu.


Ia mengharapkan melalui lokakarya ini diperoleh kesepakatan bersama dalam rangka percepatan pembangunan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga melalui dibentuknya suatu tim kelompok kerja advokasi yang melibatkan lintas sektor.

Menurutnya, pada kegiatan tersebut BKKBN ingin memberikan informasi yang luas tentang program KKBPK.

Sehingga lanjutnya, para mitra dan pemangku kepentingan dapat mengetahui isu-isu strategis arah dan kebijakan RPJMN 2015-2019, serta permasalahan yang dihadapi program KKBPK.

"Saya berharap peserta paham permasalahan program KKBPK yang merupakan permasalahan bangsa harus dipecahkan bersama," ujarnya.

Uliantina Meiti menyebutkan dalam rangka peningkatan komitmen dan peran serta mitra kerja dalam operasional program KKBPK di kabupaten/kota diharapkan peran dan langkah konkrit organisasi perangkat daerah (OPD)- KB.

Baca juga: BKKBN segera buat modul pendidikan kesehatan reproduksi untuk remaja

Hal tersebut, lanjutnya, dalam upaya menyinergikan mitra-mitra yang ada dengan memanfaatkan peluang dan potensi di wilayah masing-masing dalam rangka pelaksanaan KKBPK.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Zainal Aspin, mengatakan tujuan kegiatan pertemuan ini adalah menyosialisasikan pentingnya tim pokja advokasi tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota untuk menyukseskan program KKBPK.

Kemudian, meningkatkan sinergitas lintas sektor untuk pencapaian program KKBPK secara berkseinambungan.

Serta meningkatkan oeran dan kemitraan OPD-KB melalui advokasi dalam pengelolaan program KKBPK kabupaten dan kota masing-masing.

Ia juga menyampaikan acara tersebut diikuti 85 peserta yang terdiri atas organisasi perangkat daerah terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, dan seluruh kabupaten/kota serta para mitra KKBPK.

Baca juga: Sekda: Wujudkan pembangunan berbasis penguatan keluarga melalui program KKBPK