Pelita Air bidik ekspansi rute internasional ke Singapura dan Bangkok

id Pelita Air,Singapura,Bangkok

Pelita Air bidik ekspansi rute internasional ke Singapura dan Bangkok

Arsip foto - Direktur Niaga PT Pelita Air Service Asa Perkasa. ANTARA/Harianto

Jakarta (ANTARA) - PT Pelita Air Service berencana membuka rute internasional reguler ke Singapura dan Bangkok sebagai bagian dari ekspansi jaringan penerbangan untuk memperluas cakupan layanan dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

"Benar Pelita Air akan buka rute Jakarta-Singapura," kata Direktur Niaga PT Pelita Air Service Asa Perkasa dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Kamis.

Asa menyampaikan bahwa rute Jakarta-Singapura akan diluncurkan pada kuartal IV tahun 2024 ini. Pelita Air saat ini sedang dalam proses pengurusan perizinan dan persiapan operasional untuk memastikan peluncuran tepat waktu.

"Saat ini kami sedang mengurus perizinan dan persiapan operasional," ucapnya.

Sementara itu, untuk rute Jakarta-Bangkok, Pelita Air merencanakan peluncuran pada tahun 2025, kemungkinan di semester kedua.

Rencana itu bertujuan untuk memperluas pasar dan memberikan lebih banyak pilihan penerbangan kepada pelanggan.

"Untuk rute Jakarta-Bangkok direncanakan tahun 2025 kemungkinan di semester II," ujarnya.

Lebih lanjut, Asa menyebutkan bahwa saat ini, Pelita Air sudah mengoperasikan 11 pesawat tipe Airbus A320 untuk penerbangan berjadwal. Armada ini mendukung operasional maskapai dalam melayani berbagai rute domestik yang ada.

"Saat ini untuk melayani penerbangan berjadwal Pelita sudah memiliki 11 pesawat tipe Airbus A320," terang Asa.

Rute-rute domestik yang saat ini dilayani oleh Pelita Air meliputi Cengkareng (Jakarta) menuju Banda Aceh, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Balikpapan, Banjarmasin, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Kendari dan Sorong.

Selain itu, Pelita Air juga melayani rute spesial seperti Balikpapan-Surabaya dan Balikpapan-Yogyakarta. Jaringan rute yang luas ini menunjukkan komitmen maskapai untuk melayani berbagai daerah di Indonesia.

Dia berharap pengembangan rute internasional Singapura dan Bangkok dapat mendukung pertumbuhan bisnis Pelita Air sekaligus meningkatkan konektivitas internasional dari dan ke Indonesia.

Menurutnya, langkah itu juga merupakan strategi untuk bersaing dengan maskapai lain di pasar global.

Dengan adanya rute internasional, Pelita Air menargetkan untuk menarik lebih banyak penumpang dan memperluas pangsa pasar di sektor penerbangan internasional.