Damkarmat Lampung Selatan lakukan "fogging" antisipasi DBD

id Lampung Selatan ,Damkarmat ,Lakukan fogging

Damkarmat Lampung Selatan lakukan "fogging" antisipasi DBD

Petugas Damkarmat Lampung Selatan saat melakukan fogging di lingkungan rumah warga di wilayah tersebut. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Tim Damkar bersama perangkat kelurahan dan Satpol PP bergerak ke setiap rumah-rumah warga untuk melakukan fogging

Lampung Selatan (ANTARA) - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan melakukan fogging atau pengasapan guna mengantisipasi penyebaran nyamuk penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan chikungunya.

Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat Lampung Selatan Rully Fikriansyah, di Kalianda, Rabu, mengatakan kegiatan fogging tersebut difokuskan pada tempat rawan penyebaran nyamuk pembawa DBD.

"Tim Damkar bersama perangkat kelurahan dan Satpol PP bergerak ke setiap rumah-rumah warga untuk melakukan fogging untuk pencegahan nyamuk DBD di lingkungan RT 001 Sinar Baru, Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda," kata dia.

Selain menggencarkan fogging, pihaknya juga terus mengedukasi masyarakat terkait Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan tempat tinggal.

"Fogging ini dilakukan untuk mengatasi peningkatan jumlah kasus DBD dan fogging ini juga kami lakukan ini sifatnya pencegahan," katanya.

Pihaknya berkomitmen akan terus melakukan fogging di tempat-tempat rawan nyamuk pembawa DBD.

"Insya Allah kami akan terus melakukan fogging di lingkungan warga dan tergantung dari warga apabila ada yang desanya ingin difogging kami siap melakukan," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Lampung Selatan Jamaluddin mencatat dari Januari hingga April 2024 terdapat 80 kasus DBD di Lampung Selatan.

"Dari Januari sampai dengan April 2024 ada 80 kasus, sedangkan pada Januari hingga Maret kemarin terdapat 28 kasus jadi ada peningkatan 52 kasus dalam waktu satu bulan," kata Jamaluddin.

Oleh karena itu, lanjutnya, apabila masyarakat ada yang mengalami panas, demam tanpa sebab yang jelas, segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

"Apabila ada gejala demam dan setelah berobat tidak ada perubahan, segera datang kembali ke pelayanan kesehatan terdekat untuk diperiksa lebih lanjut, apakah terkena DBD, apalagi di sekitar tempat tinggal sudah ada yang terkena DBD," katanya.