PLN Indonesia Power siapkan pasokan listrik andal di World Water Forum Bali

id pln ip,wwf,listrik,andal

PLN Indonesia Power siapkan pasokan listrik andal di World Water Forum Bali

Direktur Operasi Pembangkit Gas PT PLN Indonesia Power (PLN IP) Djoko Mulyono (kedua dari kiri) dan Senior Manager PLN IP Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Bali I Made Harta Yasa (ketiga dari kiri) memastikan langsung keandalan pasokan listrik di Central Control Room PLTMG Pesanggaran PLN IP UBP Bali. ANTARA/HO-Humas PT PLN IP

Jakarta (ANTARA) - PT PLN Indonesia Power (PLN IP) siap mendukung kesuksesan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10, yang digelar pada 18-25 Mei 2024 di Bali, dengan menyediakan pasokan listrik yang andal.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengatakan pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatunya agar pasokan listrik pada ajang dunia tersebut berjalan dengan aman dan andal.

Ia mengatakan Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah pelaksanaan KTT WWF dan PLN IP pun siap mendukungnya, yang salah satunya dengan menyediakan listrik yang andal, sehingga ajang internasional tersebut berjalan dengan lancar dan sukses.

"Sebagai Subholding Generation Company, PLN Indonesia Power berkontribusi dalam menyediakan pasokan listrik di tanah air dan international event seperti KTT WWF di Bali. Kami juga telah berpengalaman saat KTT G20 lalu," kata Edwin.

Direktur Operasi Pembangkit Gas PLN Indonesia Power Djoko Mulyono menambahkan melalui Unit Bisnis Pembangkit (UBP) Bali, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan dari berbagai sisi untuk menjaga keandalan pasokan listrik sistem Bali.

PLN Indonesia Power pun telah menyiagakan petugas khusus untuk mengamankan pasokan listriknya.

"PLN Indonesia Power berkomitmen menjaga pasokan listrik baik sisi operasional, energi primer maupun man power untuk operasi dan pemeliharaan, yang akan sigap jika terjadi gangguan dengan mitigasi respons time dan tim untuk me-recover operasional suplai," tutur Djoko.

Untuk menghindari gangguan saat pelaksanaan WWF, yang dihadiri 10 kepala negara tersebut, PLN Indonesia Power pun telah melaksanakan persiapan serta pemeliharaan pembangkit jauh sebelum ajang digelar.

Sementara itu, Senior Manager PLN IP UBP Bali I Made Harta Yasa mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan pembangkit andal, yang terpusat di tiga lokasi yaitu Pesanggaran, Pemaron, dan Gilimanuk, dengan total kapasitas 758 megawatt (MW).

"Dengan posisi beban puncak Bali 1.107 MW, maka PLN Indonesia Power UBP Bali berkontribusi sekitar 70 persen dari kebutuhan listrik Bali saat beban puncak," sebutnya.