Persiapan arus mudik, Pemkot Metro akan perbaiki sejumlah jalan

id Arusmudik,Lebaran2024

Persiapan arus mudik, Pemkot Metro akan perbaiki sejumlah jalan

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin saat diwawancarai usai Safari Ramadhan. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Memang belum selesai semua, tapi sebelum lebaran sebagian jalan negara, provinsi dan kota akan dibangun menggunakan dana pemeliharaan
Metro (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro mulai melakukan persiapan menghadapi arus mudik Lebaran 2024 dengan melakukan perbaikan jalan baik itu milik negara, provinsi maupun kota dan pemasangan lampu penerangan jalan umum (LPJU) di kota setempat. 

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin mengatakan, hal ini dilakukan untuk memastikan arus mudik Lebaran 2024 ini Kota Metro berjalan lancar dan aman. 

"Kita sudah rapatkan hal ini dan saya langsung yang memimpin rapat koordinasi dan konsolidasi pembangunan menyambut Idul Fitri 2024 ini. Persiapan seperti ini sudah kita lakukan setiap tahun untuk memastikan arus mudik aman," kata Wahdi usai Safari Ramadhan di Masjid Babul Jannah, Rejomulyo, Metro Selatan, Selasa.

"Saya sudah minta ke Dinas PUTR untuk segera diselesaikan pembangunannya menggunakan anggaran rutin dan anggaran pemeliharaan," imbuhnya. 

Dia menjelaskan, jalan negara yang ada di Kota Metro saat ini ada 9,8 kilometer, lalu sekitar 15 kilometer jalan provinsi yang kondisinya 85 persen baik. Kemudian, total ada sekitar 567 kilometer jalan kota yang kondisinya 84 persen lebih baik.

"Untuk kemantapan jalan total kita yang tertinggi di Provinsi Lampung. Tapi masih ada jalan yang butuh perbaikan, makanya saya sudah minta ke Dinas PUTR untuk segera diperbaiki," jelasnya.

Wahdi menargetkan perbaikan jalan tersebut akan selesai dilaksanakan pada April 2024 sebelum Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah agar arus mudik di Kota Metro lancar. 

"Memang belum selesai semua, tapi sebelum lebaran sebagian jalan negara, provinsi dan kota akan dibangun menggunakan dana pemeliharaan," paparnya. 

Sedangkan untuk lampu penerangan jalan umum (LPJU) pada tahun ini akan dipasang 300 titik yang tersebar di 22 kelurahan yang ada di Kota Metro.

"LPJU sudah mulai dipasang, ini juga salah satu persiapan kita. Mungkin nanti sebelum lebaran ada beberapa titik yang sudah terpasang," tambahnya.