Grebek Kampung Dompet Dhuafa upaya edukasi masyarakat tentang ZISWAF

id Dompet Dhuafa Yokyakarta, Ziswaf, Grebek Kampung

Grebek Kampung Dompet Dhuafa upaya edukasi masyarakat tentang ZISWAF

Grebek Kampung Dompet Dhuafa upaya edukasi masyarakat tentang zakat, infak, sedekah, dan wakaf. FOTO ANTARA/HO-DOMPET DHUAFA.

Selain itu kami turut menyalurkan tebar zakat fitrah, parsel Ramadan dan kado untuk anak-anak yatim maupun guru honorer, ujarnya
Yokyakarta (ANTARA) - Membangun keberdayaan masyarakat dhuafa dan prasejahtera menjadi mimpi besar Dompet Dhuafa dalam mengelola zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF). Di momen Ramadan menjadi upaya Dompet Dhuafa memaksimalkan kolaborasi kebaikan. 

Grebek Kampung pada Rabu, 20/03, menjadi salah satu upaya tersebut, sebagai kegiatan holistik mulai dari Tebar Zakat Fitrah, santunan untuk yatim dan guru honorer, berbagi menu berbuka dan sahur bersama, kajian, serta edukasi agama turut dihelat dalam agenda tersebut.

Termasuk juga saling mengenal lebih dekat penerima manfaat, penggerak program dan seluruh partner kebaikan. 

Muhammad Zahron selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Yogyakarta mengatakan Grebek Kampung Dompet Dhuafa tahun ini mengambil titik di Aloe Veraland yang terletak di Desa Katongan, Nglipar, Gunung Kidul, Yogyakarta. Kegiatan tersebut merupakan upaya Dompet Dhuafa dalam mengedukasi masyarakat tentang peran ZISWAF yang digulirkan dalam bentuk program pemberdayaan masyarakat seperti Aloe land. 

"Selain itu kami turut menyalurkan tebar zakat fitrah, parsel Ramadan dan kado untuk anak-anak yatim maupun guru honorer," ujarnya.

Zahron juga mengungkapkan gelaran kali ini turut dimeriahkan ragam aktivitas, salah satunya penampilan dari Mr Jarwo. Hadirnya Grebek Kampung diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan literasi masyarakat tentang manfaat zakat, infak, sedekah hingga wakaf.

Karena pengelolaan ZISWAF yang tepat, akan menumbuhkan ekonomi-ekonomi pemberdayaan baik berbasis UMKM, dakwah, pendidikan, kesehatan maupun budaya dalam upaya meratakan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai upaya Dompet Dhuafa mencapai target satu juta penerima manfaat dalam Ramadan 1445 H, ragam program lainnya terus digulirkan seperti mudik gratis, pos mudik, tebar zakat fitrah, fidyah, berbagi paket sahur dan berbuka puasa, sedekah Qur’an, sedekah anak yatim, parsel Ramadan, THR pejuang keluarga, borong takjil, sedekah alat ibadah hingga Ramadan di Palestina.

Bahkan, Dompet Dhuafa cabang Yogyakarta selaku tuan rumah Grebek Kampung, terus mengajak masyarakat setempat menyalurkan kebaikan ziswafnya melalui konter yang tersebar di Yogyakarta.

Ada 13 titik konter zakat di Yogyakarta yang dapat ditemukan di Bank Syariah Indonesia KCP Godean; Bank Mandiri KCU Sudirman dan KCP UGM; Lotte Grosir; Sleman City Hall; Grand Rohan Hotel; Jogja City Mall; Super Indo Godean dan Sultan Agung; Galeria Mall; Gardena Dept. Store; Paradise Palagan Residence; Masjid Green Hills Residence serta Kantor Dompet Dhuafa Yogyakarta yang terletak di Jalan Madubronto, Patangpuluhan, Wirobrajan. 

Hadirnya layanan tersebut diharapkan mendekatkan dan memudahkan masyarakat untuk konsultasi dan menyalurkan ZISWAF-nya.

Murni selaku penggiat UMKM terutama makanan ringan, sangat terbantu dalam program Grebek Kampung. 

Murni yang juga sering menjajakan panganan ringan seperti sosis goreng, telur gulung dengan menggunakan motor dalam berjualan kelilingnya, dengan ini ia dapat istirahat dengan cepat dan dapat melaksanakan berbuka puasa dengan keluarganya.

Grebek Kampung juga dimeriahkan dengan penampilan Mr Jarwo dengan membawakan lagu-lagu Hitsnya seperti Titipan Sahabat, mendorong masyarakat untuk membantu dan memuliakan yatim bersama Dompet Dhuafa. 

TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan lebih dari tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. (Kerjasama)