DMC Dompet Dhuafa bantu peninggian jalan di Desa Timbulsloko

id Dompet Dhuafa, Desa Timbulsloko

DMC Dompet Dhuafa bantu peninggian jalan di Desa Timbulsloko

DMC Dompet Dhuafa bantu peninggian jalan di Desa Timbulsloko. FOTO ANTARA/HO-DOMPET DHUAFA.

Demak (ANTARA) - Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa meresmikan jalan sepanjang 110 meter di Dusun Timbulsloko, Desa Timbulsloko, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah pada Minggu (10/03/2024).

Jalan sepanjang 110 meter yang terletak di tengah air laut dan menjadi penghubung dusun satu-satunya, menjadi harapan baru bagi masyarakat. Tim DMC Dompet Dhuafa melakukan peninggian jalan agar air laut tidak menggerus dan menutup jalan.

“Alhamdulillah sudah diselesaikan bersama warga di sini. Harapannya semoga dengan tingginya jalan itu, aktivitas bapak dan ibu untuk bekerja atau sekolah, tidak terganggu. Semoga saat musim hujan, airnya tidak menggenangi jalan jadi tidak perlu angkat (rok dan celana) ketika hendak pergi,” jelas Ika Saragih selaku Staf Kesiapsiagaan dan Mitigasi Adaptasi Perubahan Iklim DMC Dompet Dhuafa dalam sambutannya.

Dalam peresmian ini juga turut mengundang perwakilan dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Semarang, Greenpeace, dan dari Universitas Islam Sultan Agung. Mereka juga telah melakukan kontribusi besar kepada masyarakat Dusun Timbulsloko yang telah terdampak parah akibat air laut yang menenggelamkan secara perlahan rumah mereka.

Timbulsloko terdiri dari empat dukuh: Dukung Karanggeneng, Dukuh Wonorejo, Dukuh Bogorame, dan Dukuh Timblulsloko. Dulu Timbulsloko sangat kaya akan segalanya: ada sawah, ada tambak. Dengan adanya abrasi, maka Timbulsloko menjadi seperti ini. 

“Timbulsloko itu mulai abrasi itu sekitar tahun 2014. Pada waktu itu awalnya tidak terasa kalau penurunan tanah itu dirasakan oleh warga. Kanan kiri (banyak) tanaman, termasuk tanaman buah-buahan seperti kelapa dan pisang juga ada. Terima kasih kepada Dompet Dhuafa yang telah datang membantu warga,” jelas Nadhiri Kepala Desa Timbulsloko.

Dalam kesempatan yang berbeda, salah seorang admin akun media sosial Timbulslokobangkit , menuturkan bahwa pada tahun 2019 merupakan abrasi terparah hingga saat ini. Pasalnya air sudah mulai masuk ke pekarangan rumah warga. Kendaraan sulit dilalui, bahkan tidak jarang mereka menitipkan kendaraannya di luar dari lingkungan rumah mereka. 

“Tahun 2019 hingga saat ini terparah mas. Dahulu makam itu sudah penuh dengan air laut, jembatan ini (jalan kayu terapug) ini hampir tenggelam mas. Pokoknya kalau sudah malam, air laut pasang, sudah tidak ada aktivitas apapun di sini,” ujarnya.

“Harga (beras, cabai dll) jadi mahal mas, karena aksesnya menjadi sulit,” lanjutnya.

Kemudian admin tersebut memperlihatkan beberapa foto pada sebelum tahun 2019 di mana tanah masih bisa ditapaki dan akitivtias warga sangat ramai. Senyuman warga menghiasi di setiap kegiatan yang mereka adakan.

Cukup berbanding terbalik dengan kondisi saat ini, mereka tetap senyum, dan terus bertahan menghadapi ancaman tenggelam ini. Terlihat air sudah menenggelamkan sekitar 1 – 2 meter tinggi rumah.

Sebagian masyarakat yang beruntung (memiliki finansial besar) telah berpindah ke tempat yang lebih aman, tetapi bagi yang kurang beruntung (berada di bawah kemiskinan) terpaksa harus bertahan.

Rumah-rumah warga mulai tenggelam, warga menginisiasi dengan pembuatan alas berbahan dasar kayu, dan menjadikan rumah mereka seperti rumah apung. Akibatnya mata pencaharian warga yang semula petani, beralih menjadi pekerja pabrik, adapula yang menjadi nelayan. 

“Dahulu banyak tanam-tanaman masih hidup, namun karena tidak ada air (sekalipun ada), itu air asin, jadi sudah mati semua,” ujar Ngatemi salah satu warga.

“Dahulu tidak begini, kendaraan bisa pulang, kalau kerja, kendaraannya bisa dibawa pulang. Selang beberapa waktu ada banjir rob, tidak bisa dibawa pulang. Paling taruh di tempat parkir (komunal),” lanjutnya.

“Bisa juga naik perahu sebanyak Rp5000 terus lanjut titip motor sebesar Rp2000. Habis mas (uang) jadinya,” pungkasnya.

Dalam semangat dan rencana ke depan DMC Dompet Dhuafa, berharap mampu memberikan penguatan adaptasi kelompok masyarakat; dilakukan melalui penyesuaian tempat tinggal, penyediaan sarana air bersih, belajar lapang melalui studi banding, pemanfaatan teknologi, bantuan iklim tunai, dan alternatif ekonomi pesisir.

Kawan Baik, Dusun Timbulsloko masih membutuhkan uluran tangan kalian. Mari bersama DMC Dompet Dhuafa membangun peradaban Dusun Timbulsloko yang tangguh dan makmur jauh dari sediakala. Karena Bumi Cuma Satu, Berdaya Sekarang 



Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan lebih dari tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. 

(adv/berita kerja sama)