Warga ramai tarawih pertama di masjid

id Lampung,Bandarlampung,Ramadhan,Tarawih,ramadhan,ramadhan 2023,tradisi ramadhan,bulan ramadhan,bulan puasa,puasa 2023,iba

Warga ramai tarawih pertama di masjid

Jamaah sedang melaksanakan ibadah shalat tarawih pertama di Masjid Agung Al Furqon Bandarlampung. Senin malam (11/3/2024). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Warga Bandarlampung khususnya umat Islam tetap ramai datang ke masjid dan mushalla untuk melaksanakan shalat isya dan tarawih pertama di Bulan Ramadhan meski hujan sempat mengguyur kota itu.

Berdasarkan pantauan, Senin malam di sejumlah masjid dan mushalla masyarakat terlihat datang baik berjalan kaki maupun menaiki kendaraan menuju lokasi ibadah bersama sanak saudara termasuk di Masjid Agung Al Furqon Kota Bandarlampung.

"Ini adalah tarawih pertama memasuki bulan puasa besok, jadi apapun kita sebagai umat Islam harus ke masjid meski pun hujan," kata warga Bandarlampung Riki.

Menurutnya, di bulan yang penuh berkah ini, umat Islam harus menjalankan ibadah dengan penuh semangat guna memperbanyak pahala di dalamnya, dengan perbuatan-perbuatan yang terpuji.

"Jangan sampai semangat di awal tetapi kendur di akhir," kata dia.

Warga Bandarlampung lainnya Arsani, mengungkapkan bahwa datang ke Masjid Agung Al Furqon bersama anak-anaknya guna menjalankan ibadah shalat isya dan tarawih berjamaah.

"Tidak papa meski hujan tetap bisa pakai payung ke sini. Datang bersama anak, sekaligus untuk mengajarinya untuk menghargai bulan Suci Ramadhan dengan memperbanyak ibadah," kata dia.

Pada shalat tarawih pertama di Masjid Al Furqon juga terlihat sejumlah personel kepolisian berjaga dan mengatur arus lalu lintas di sekitaran halaman masjid, kemudian sejumlah personel Satpol PP juga ikut menjaga keamanan dan kekhusyukan ibadah.

Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024, usai diputuskan melalui Sidang Isbat di Gedung Kemenag RI, Jakarta, Minggu.

Dengan penetapan itu maka pada Senin malam umat Islam di Indonesia dapat melaksanakan shalat tarawih. Sidang isbat ini diikuti sejumlah perwakilan organisasi keagamaan, ahli astronomi, Komisi VIII DPR RI, hingga perwakilan negara sahabat.