Bangun Jejaring dengan media nasional, Humas Itera media visit ke Harian Kompas

id lampung, itera, institut teknologu sumatera, sumatera

Bangun Jejaring dengan media nasional, Humas Itera media visit ke Harian Kompas

Bangun Jejaring dengan Media Nasional, Humas Itera Media Visit ke Harian Kompas (ANTARA/HO-Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Sebagai salah satu aktivitas kehumasan, tim Hubungan Masayarakat  Institut Teknologi Sumatera (Itera) melakukan media visit ke Redaksi Harian Kompas, di Menara Kompas Multimedia, Jakarta, Beberapa waktu lalu.

Kunjungan media tersebut menjadi upaya Humas Itera membangun relasi dengan media nasional sekaligus mengenalkan berbagai program Tridarma kampus.

Tim Humas Itera yang terdiri dari Rudiyansyah, Dzaky Ardi Nugroho, Syabatra Hasaid, Rizky Hakim, Vera Aglisa, dan Desi Sonia Lilia H.P, diterima langsung oleh Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas P Tri Agung Kristanto.

Turut serta dalam diskusi, Redaktur Humaniora Kompas, Ichwan Susanto, Redaktur Regional, Rini Kustiasih, dan Redaktur Ekonomi Aufrida Wismi Warasatri.

Dalam kesempatan tersebut tim Humas Itera, menyampaikan, media visit yang dilakukan menjadi bagian upaya memperluas jejaring media yang selama ini dilakukan oleh humas. Jika selama ini, Humas Itera telah membangun jejaring dengan media lokal, maka untuk memperluas publikasi seputar kegiatan Itera, perlu menjalin hubungan dengan media nasional.

Harian Kompas menjadi tujuan, karena menjadi salah satu media nasional terbesar di Indonesia, dengan berbagai jaringan media, baik cetak maupun digital.

Dalam media visit tersebut juga dibahas seputar peran humas dalam membangun reputasi kampus, hingga tugas menjembatani kepakaran yang dimiliki oleh para akademisi untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat.

Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas P Tri Agung Kristanto, atau akrab disapa Tra menekankan, tugas humas berbeda dengan marketing communication, yang bertugas menjual sebuah produk, akan tetapi lebih dalam, peran humas adalah membangun hubungan yang kuat antara sebuah instansi dengan masyarakat sebagai stakeholder.  

Tra juga mendorong agar Humas Itera pintar dalam menggali, menemukan, hingga mengemas kekuatan yang dimiliki kampus, untuk membangun citra institusi.

Hal itu dapat dilakukan dengan mengangkat kepakaran para akademisinya, hingga memanfaatkan momentum di masyarakat untuk hadir, memberikan solusi. Dengan begitu, media nasional, termasuk Harian Kompas, akan tertarik, dan memiliki keperluan untuk ikut serta mempublikasikan kegiatan Itera. 

Kerja Sama