Terima kasih donatur, program Tebar Hewan Kurban 1444 H Dompet Dhuafa sasar 1,7 juta orang

id Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa, Dompet Dhuafa

Terima kasih donatur, program Tebar Hewan Kurban 1444 H Dompet Dhuafa sasar 1,7 juta orang

Terima kasih donatur, program Tebar Hewan Kurban 1444 H Dompet Dhuafa sasar 1,7 juta orang. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa

Selama saya tinggal di sini baru kali ini saya bisa merasakan hewan kurban. Terima kasih banyak sudah berkurban di sini.
Jakarta (ANTARA) - Amanah pekurban yang mempercayakan Dompet Dhuafa tahun 2023 ini, disalurkan mulai dari pelosok negeri hingga luar negeri. Adapun di gelaran kurban 2023, ada sebanyak 27.419 setara domba atau kambing yang telah berhasil didistribusikan.

Tebar Hewan Kurban (THK) tahun ini juga berhasil menyasar sebarannya ke 29 provinsi di Indonesia dengan jangkauan hingga 114 kabupaten/kota dan 12 negara, yakni Afghanistan, Bangladesh, Filipina, Kamboja, Myanmar, Palestina, Somalia, Suriah, Suriname, Timor Leste, Turki, dan Vietnam dengan jumlah penerima manfaat mencapai 1.777.080 jiwa.

“Bersamaan dengan akan berakhirnya Hari Tasyrik dan selesainya proses pemotongan, usai sudah prosesi THK. Terima kasih para donatur hingga korporasi yang telah mempercayai kami dalam menyalurkan hewan kurban ke seluruh pelosok negeri hingga mancanegara. Alhamdulillah penghimpunan nasional THK (pusat dan cabang) per 2 Juli 2023 pukul 14.00 WIB, tercatat sebanyak 27.419 setara doka," ujar Mariatul Kibtiah, Ketua Panitia THK Dompet Dhuafa 2023 melalui rilis pada Rabu. 

Konsistensi Dompet Dhuafa dalam melaksanakan program Tebar Hewan Kurban, juga merupakan bukti atas komitmen lembaga untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Program ini menjadi salah satu bentuk nyata Dompet Dhuafa dalam memberikan dukungan dan kepedulian kepada mereka yang berada di wilayah pelosok, khususnya di momen Kurban. Sehingga dengan momen Kurban dapat meningkatkan konsumsi protein hewani bagi masyarakat pelosok, ekonomi peternak-peternak lokal hingga penggiat wadah daging kurban seperti besek dan lain-lain.

Salah satu penerima manfaat di tapal batas Indonesia, Pulau Sebatik, Kalimantan Utara, Pak Cik Landang (65) yang telah tinggal di perbatasan selama kurang lebih 20 tahun, baru kali ini bisa merasakan daging hewan kurban.

 “Sudah lama sekali di sini tidak ada kurban. Selama saya tinggal di sini baru kali ini saya bisa merasakan hewan kurban. Terima kasih banyak sudah berkurban di sini," ujarnya pula.

Hal yang sama juga dialami oleh Sarmini, warga Dusun Kedung Udal, Padas, Grobogan, Jawa Tengah.

 “Dengan adanya Tebar Hewan Kurban di wilayah kami, alhamdulillah membantu usaha kami dalam memenuhi asupan gizi khususnya bagi putrinya. Suci dulunya kekurangan gizi, terus memang ada posyandu di RT sebulan sekali, cuma ya ndak ada perawatan gizi yang bagaimana. Padahal dia sudah kurang gizi, dan dokter juga bilang kebutuhan protein hewani harus sesuai, jadi ya kami sendiri yang berusaha untuk memenuhi kebutuhan dia," katanya pula. 

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR.
Baca juga: LPM Dompet Dhuafa gelar jambore anak hebat untuk 100 yatim
Baca juga: Dompet Dhuafa Bersama IMZ dan LSP MSDM adakan sertifikasi manajemen SDM