Ketua DPRD Lampung minta pelajar berikan gagasan terbaik untuk Bangsa Indonesia

id lampung, dprd, pancasila, ideologi

Ketua DPRD Lampung minta pelajar berikan gagasan terbaik untuk Bangsa Indonesia

Ketua DPRD Lampung minta pelajar berikan gagasan terbaik untuk Bangsa Indonesia (ANTARA/HO-DPRD Provinsi)

Bandarlampung (ANTARA) - Ketua DPRD Lampung menggelar sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) yang diikuti sejumlah pelajar SMA N 1 Seputih Agung, SMK N 1 Seputih Agung, SMK Muhammadiyah Terbanggi Besar di Aula SMA N 1  Seputih Agung,Lampung Tengah. Sabtu (8/7/23)

Dalam pemaparannya, Ketua DPRD Provinsi Lampung menyebutkan bahwa pentingnya pembekalan serta penebalan Ideologi Pancasila di era disrupsi teknologi ini sebagai salah satu cara menekan konfliksitas yang terjadi di tengah masyarakat.

“ Kita mulai dari generasi muda yakni pelajar, yang diharapkan setelah dari kegiatan ini dapat menjadi pelopor penegak pancasila baik di lingkungan keluarga maupun masyarakatnya,“ Ujar Mingrum.

Mingrum juga berpesan bahwa tindakan yang menimbulkan kerugian bahkan berpotensi terhadap pelanggaran hukum yang dilakukan pelajar seharusnya tidak terjadi apabila memahami dan meneladani nilai-nilai dari Pancasila itu sendiri.

“Butir pertama adalah ketuhanan yang maha esa, apabila kita gunakan penerapan pada butir pertama pancasila itu maka kita tidak akan melakukan hal-hal yang dapat merugikan masyarakat luas, karena di setiap agama apapun mengajarkan tentang perdamaian,toleransi dan saling menghargai satu sama lain,“ Lanjutnya.

Terakhir ia mengatakan pelajar bagian dari generasi intelektual yang memiliki peran dan tanggung jawab dalam mengisi kemerdekaan dan melanjutkan cita-cita bangsa Indonesia.

“ melihat sejarah bangsa, begitu berperan aktifnya pelajar dalam memperjuangkan kemerdekaan, kemudian Bung Karno juga menyebutkan yang intinya pemuda memiliki kekuatan penuh dalam menentukan arah dan nasib bangsa ke depan, kekuatan tidak untuk digunakan dalam konteks melanggar konstitusi yang ada, tapi digunakan untuk berkompetisi dalam bentuk karya dan gagasan terbaik untuk negeri ini,“ ungkapnya.