Dompet Dhuafa Papua bersama relawan dan LDP Kemensos RI pulihkan trauma anak penyintas gempa

id Dompet Dhuafa Papua, Kemensos RI, Gempa Papua

Dompet Dhuafa Papua bersama relawan dan LDP Kemensos RI pulihkan trauma anak penyintas gempa

Dompet Dhuafa Papua bersama relawan dan LDP Kemensos RI pulihkan trauma anak penyintas gempa. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Jayapura (ANTARA) - Dompet Dhuafa Papua dengan relawan dari Sekolah Relawan dan LDP Kemensos RI mengadakan kegiatan Psychological First Aid (PFA) di posko pengungsian Hamadi dan posko Bank BTN Taman Mesran, Senin (13/2/2023).

Aksi ini dilaksanakan dalam rangka mengurangi dampak trauma akibat gempa bumi beberapa waktu lalu, terutama bagi anak-anak yang seharusnya mereka tetap harus bermain. 

Umayra Maulida Sabatiyah selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Papua menerangkan bahwa pendekatan psikologi harus segera dilakukan untuk anak-anak. Sebab jika anak-anak terlalu larut ikut dalam kesedihan orang tuanya, akan dikhawatirkan terbawa trauma berkepanjangan terus hingga dewasa.

Kegiatan PFA akan mengalihkan fokus anak terhadap memori negatif yang berpotensi menjadi trauma kepada memori-memori yang indah dan menyenangkan. Bermain dan mengobrol adalah aktivitas utama dalam kegiatan ini. Pengalaman anak dalam mendapatkan kasih sayang dan keceriaan kakak-kakak relawan di pengungsian akan mengisi pengalaman dan pembelajaran positif bagi anak.

“Ini juga akan berdampak pada mereka saat dewasa bahwa sesama manusia harus saling membantu,” ucap Umayra.

PFA yang dilakukan tim Dompet Dhuafa secara umum tidak hanya untuk anak-anak saja, melainkan untuk orang dewasa juga. Hal ini untuk membangun para orangtua tetap stabil psikologisnya setelah bencana. Dengan begitu, para orangtua akan turut memberikan kesan-kesan positif bagi anak-anaknya. Sebab, anak-anak akan sangat mudah mengikuti kondisi orang tuanya.

“Dompet Dhuafa berharap dengan kegiatan PFA ini, anak-anak tidak akan terlalu larut pada ingatan negatif soal bencana. Pada kegiatan kali ini, tim DD Papua mengajak anak-anak bernyanyi dan juga melakukan sebuah permainan. Anak-anak tampak senang dan antusias mengikuti kegiatan ini,” tutup Umay.  


Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. 

Adv/berita kerja sama