Ini alasan Laksmi bawakan busana bertema Kapal Phinisi di Miss Universe

id Laksmi De Neefe,Puteri Indonesia,Miss Universe 2022

Ini alasan Laksmi bawakan busana bertema Kapal Phinisi di Miss Universe

Puteri Indonesia Laksmi De Neefe Suardana saat dijumpai usai jumpa pers di The Westin Jakarta, Jakarta Selatan, Rabu (21/12/2022) (ANTARA/Lifia Mawaddah Putri)

Jakarta (ANTARA) - Puteri Indonesia Laksmi Shari De Neefe Suardana yang asal Ubud, Bali ingin memperkenalkan laut Indonesia melalui busananya yang bertema “The Glorious Phinisi” di ajang Miss Universe 2022.

“Saya ingin membawa Phinisi karena saya ingin mewakili Indonesia secara keseluruhan. Bukan hanya Bali,” ungkap Laksmi saat dijumpai di The Wastin Jakarta Hotel, Jakarta Selatan, Rabu.

“Saya merasa Phinisi adalah simbol yang hebat, visual yang bagus untuk ditunjukkan kepada orang-orang karena pertama dari Indonesia dan saya ingin menghormati nenek moyang kita sebagai pelaut,” tambahnya.
 

Puteri Indonesia Laksmi De Neefe Suardana menampilkan busana nusantara bertema Kapal Phinisi di The Westin Jakarta, Jakarta Selatan, Rabu (21/12/2022) (ANTARA/Lifia Mawaddah Putri)

Di sisi lain, Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia Putri Kus Wisnu Wardani juga menyampaikan bahwa tema busana nasional yang akan dibawakan Laksmi ini memang ingin memperkenalkan bahwa Indonesia adalah negara maritim.

“70 persen negara kita air yang kita perlu sosialisasikan, kita sebagai negara kepulauan tentu kita punya kekuatan besar di laut. Bukan saja sebagai salah satu dari suku yang ada di Indonesia tapi juga keseluruhan,” jelas Putri.

Lebih lanjut, Putri pun mengatakan bahwa negara-negara yang dinilai menjadi pesaing untuk Laksmi di ajang Miss Universe 2022 adalah negara yang pernah menang seperti Filipina, Thailand, dan lain sebagainya.



“Filipina, Thailand, yang pernah-pernah menang lah ya. China kalau Asia. India juga seringkali. Tapi seperti yang disampaikan Ayah Laksmi, ada filosofi Hindu yang sangat bagus. Lihatlah pada masa lalu, untuk mengerjakan apa yang saat ini, untuk membentuk masa depanmu,” ungkap Putri.

“Artinya kita melihat apa saja yang masih menjadi kelemahan-kelemahan dari pendahulunya. Apa saja kelebihannya negara yang sudah menang. Itu dilihat dan menjadi sesuatu yang memotivasi dirinya untuk dilakukan saat ini demi masa depan, tentunya masa depan Indonesia,” pungkasnya.

Ajang Miss Universe 2022 akan dilaksanakan pada 14 Januari 2023 di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat.

Laksmi pun akan bersaing dengan 72 finalis dari negara lainnya dalam karantina Miss Universe 2022 yang akan berlangsung mulai dari tanggal 3 Januari 2023 sampai pada malam puncak Grand Final pada tanggal 14 Januari 2023.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Alasan Laksmi bawakan busana bertema Kapal Phinisi di Miss Universe