Rapor pemain J. League saat Jepang kalahkan Spanyol

id Timnas jepang, Shuichi Gonda, piala dunia 2022, piala dunia qatar

Rapor pemain J. League saat Jepang kalahkan Spanyol

Shuichi Gonda yang merupakan penjaga gawang tim J1 League Jepang Shimizu S-Pulse dan menjadi tumpuan Timnas Jepang pada Piala Dunia 2022 Qatar di bawah mistar gawang. ANTARA/HO-J.League

Di bawah mistar gawang, Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse) masih jadi andalan dan selalu jadi starter dalam tiga laga babak grup
Jakarta (ANTARA) - Timnas Jepang berhasil membuat kejutan luar biasa dengan mengalahkan Spanyol 2-1 pada laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Khalifa International, Doha, Qatar, Jumat dini hari.

Sempat tertinggal 0-1 pada babak pertama, Samurai Biru bangkit pada babak kedua dengan mencetak dua gol cepat melalui Ritsu Doan (48') dan Ao Tanaka (51'). Dan hasil tersebut menjadikan Jepang juara grup dan lolos ke babak 16 besar.

Selain menang melawan Spanyol, Hiroki Sakai dan kawan-kawan juga berhasil meraih kemenangan 2-1 melawan Jerman pada laga pertama.

Dalam laga melawan Spanyol, ada peran luar biasa dari para pemain yang berasal dari tim-tim Meiji Yasuda J1 League atau Liga Utama Jepang.

Dari daftar susunan pemain yang diturunkan pelatih Hajime Moriyasu dikutip dari J. League ada tiga pemain Liga Utama Jepang atau J1 League menjadi starter.

Di bawah mistar gawang, Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse) masih jadi andalan dan selalu jadi starter dalam tiga laga babak grup. Saat melawan Spanyol Gonda dihujani 12 tembakan dengan lima di antaranya tepat ke arah gawang.

Gonda mampu melakukan empat penyelamatan, tiga di antaranya dari peluang yang berasal dari dalam kotak penalti.

Di lini belakang, Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale) jadi starter dan kali pertama bermain di Piala Dunia 2022, jadi satu dari tiga bek tengah yang diturunkan pelatih Moriyasu.

Meski baru kali pertama bermain, Taniguchi tampil lugas di lini belakang selama 90 menit, melakukan 5 sapuan, 2 blok, 1 intersep, dan 1 tekel, dan memenangi semua duel udara yang ia lakukan (3 kali).

Satu pemain lain dari J1 League yang jadi starter adalah Yuto Nagatomo (F.C.Tokyo) di pos wing-back kiri dalam caps ke-140 untuk timnas Jepang.

Pemain berusia 36 tahun tersebut bermain pada babak pertama, sebelum digantikan Kaoru Mitoma pada jeda babak. Nagatomo sempat melakukan satu kali tekel dan satu kali umpan silang akurat sepanjang babak pertama.

Hiroki Sakai (Urawa Red Diamonds) tidak bisa bermain pada laga ini karena cedera. Sedangkan tiga pemain J1 League lainnya yang tidak dimainkan oleh Moriyasu, yaitu Miki Yamane (Kawasaki Frontale), Yuki Soma (Nagoya Grampus), dan Shuto Machino (Shonan Bellmare).

Pada babak 16 besar, timnas Jepang akan menghadapi Kroasia di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Senin (5/11/2022) pukul 22.00 WIB.