Denhubrem 043 gelar workshop Operasional Alat Monitoring Spektrum Frekuensi Radio

id korem 043/gatam, denhubrem,radio spektrum

Denhubrem 043 gelar workshop Operasional Alat Monitoring Spektrum Frekuensi Radio

Denhubrem 043 gelar workshop Operasional Alat Monitoring Spektrum Frekuensi Radio. (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 77 Perhubungan TNI AD Detasemen Perhubungan Korem 043 (Denhubrem 043 Hubdam II/Swj bekerja sama dengan Balmon SFR Kelas II Lampung mengadakan workshop Operasional Alat Monitoring Spektrum Frekuensi Radio.

Workshop ini dilaksanakan pada 25 November 2022 bertempat di Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio  Lampung diikuti oleh 15 prajurit Denhubrem 043 Hubdam II/Swj dan dibuka oleh  Enik Sarjumanah S.H., M.H. selaku kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Lampung bersama Dandenhubrem 043 Hubdam II/Swj Letkol Chb Oki Indramulia, S.T., M.IP. 

Workshop ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya dalam pembinaan kemampuan prajurit khususnya kemampuan dalam mengoperasionalkan  alat monitoring spektrum frekuensi radio yang merupakan salah satu tugas pokok Denhubrem 043 dalam fungsi Perang Elektronika TNI AD (Pernika TNI AD).

Pada Workshop ini seluruh prajurit mendapatkan materi meliputi pengenalan alat Manpack dan Monobs Mobile serta praktek monitoring server Balmon.

Pada setiap materi, diberikan teori dan praktek fitur-fitur yang ada dalam perangkat tersebut. Setelah mengikuti kegiatan workshop ini para prajurit Denhubrem 043 diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan mengenai operasional alat monitoring spektrum frekuensi radio serta memiliki pemahaman dalam pengendalian penggunaan spektrum frekuensi radio yang sesuai ketentuan, sehingga tidak menimbulkan interferensi ke pengguna frekuensi radio lain terutama di era digital saat ini.

Diharapkan dengan kerjasama ini semakin meningkatkan sinergitas Balmon SFR Kelas II Lampung dengan Denhubrem 043 Hubdam II Sriwijaya khususnya dalam pengamanan Spektrum Frekuensi Radio era digital saat ini di wilayah Lampung.