Gubernur Lampung: Penguatan kearifan lokal cegah intoleransi

id Cegah intoleransi, kesatuan bangsa, kearifan lokal

Gubernur Lampung: Penguatan kearifan lokal cegah intoleransi

Gubernur Lampung saat memberikan arahan dalam kegiatan Silahturahmi Kebangsaan. Bandarlampung, Senin (15/8/2022). ANTARA/ Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan melalui penguatan kearifan lokal daerah dapat mencegah adanya praktik intoleransi di tengah masyarakat di wilayahnya.

"Untuk mencegah adanya intoleransi di tengah masyarakat, kita perlu memperkuat kearifan dan nilai-nilai lokal daerah," ujar Arinal Djunaidi saat kegiatan Silaturahmi Kebangsaan di Bandarlampung, Senin.

Ia menjelaskan, dengan penguatan kearifan dan nilai-nilai lokal daerah dapat memperkuat solidaritas antar masyarakat serta mencegah meluasnya paham radikal.

"Saat ini dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara menghadapi banyak permasalahan diakibatkan adanya era globalisasi dan kemajuan teknologi. Sehingga dengan penguatan kearifan lokal adanya solidaritas, dan kondusivitas masyarakat bisa terbentuk," katanya.

Dia mengatakan, dalam menumbuhkan rasa solidaritas dan menghilangkan intoleransi dengan penguatan kearifan lokal menjadi peranan semua pihak termasuk pemerintah.

"Ini perlu peran kita bersama untuk membentuk ini, semua harus bersatu untuk keutuhan Indonesia terlebih sebentar lagi akan merayakan HUT ke-77 RI," ucapnya.

Menurut dia, aktualisasi dan sikap toleransi diantara masyarakat harus terus dijaga baik di Lampung yang merupakan salah satu daerah yang memiliki keanekaragaman suku, budaya dan agama.

"Untuk menjaganya perlu kita amalkan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa dalam setiap kehidupan. Lalu setiap warga negara harus taat kepada semua peraturan perundang-undangan. Jaga keutuhan NKRI dengan memandang semua saudara meski berbeda suku,ras, dan agama," ujar dia.