Bupati Musa Ahmad lantik PAW Kepala Kampung Sukajawa

id kakam,kepala kampung lampung tengah

Bupati Musa Ahmad lantik PAW Kepala Kampung Sukajawa

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad melantik Very Johanes sebagai PAW Kakam Sukajawa, Kecamatan Bumi Ratu Nuban, Rabu (29/12/2021). ANTARA/HO

Hari ini saya melantik Kakam Sukajawa yang terpilih melalui PAW beberapa waktu lalu.

Lampung Tengah (ANTARA) - Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad melantik Very Johanes sebagai Kepala Kampung (Kakam) Sukajawa, Kecamatan Bumi Ratu Nuban di aula balai kampung setempat, Rabu. Very merupakan kepala kampung pengganti antarwaktu (PAW) yang terpilih pada pilkakam November 2021 lalu.

“Hari ini saya melantik Kakam Sukajawa yang terpilih melalui PAW beberapa waktu lalu. PAW merupakan mekanisme yang sesuai aturan undang-undang yang ada dan alhamdulilah berjalan sebagaimana mestinya,” kata Musa usai pelantikan.

Musa juga meminta kakam yang baru saja dilantik dapat melaksanakan tugas dengan baik dan bisa mengimplementasikan gagasan birokrasi yang melayani, yaitu dengan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat khususnya di Kampung Sukajawa.

“Kakam sebagai pemimpin tertinggi di kampung harus harus mengimplementasikan gagasan birokrasi yang melayani. Jadi sebagai kepala kampung itu harus menjadi pelayan bagi masyarakat,” ujarnya pula.

Pihaknya juga berpesan agar kepala kampung di Lampung Tengah tidak merasa memiliki kedudukan yang lebih tinggi dibanding masyarakat. Sebab, sejatinya seorang pemimpin adalah pelayan atau pembantu bagi masyarakat.

”Kita sebagai pelayan atau pembantu harus melayani majikannya yaitu masyarakat dengan baik, dan kita jangan merasa menjadi pembantu lebih hebat dan lebih tinggi dari majikannya. Kalau masih ada pelayan yang merasa lebih hebat dan lebih tinggi dari majikannya, lebih baik tidak perlu menjadi pemimpin di Kabupaten Lampung Tengah ini,” ujarnya lagi.

Jabatan Kakam Sukajawa sudah lama dijabat oleh pelaksana tugas lantaran kakam yang sebelumnya terlibat kasus narkoba dan ditangkap oleh BNNP Lampung. Namun dalam perjalanannya, kakam tersebut meninggal ditembak oleh petugas lantaran berusaha melarikan diri.
Baca juga: Bupati: Pejabat turun ke lapangan jangan bebani kepala kampung
Baca juga: Bupati Lampung Tengah pantau pemilihan kepala kampung serentak