Pemkot Metro siapkan 15 dosis vaksin bagi anak usia 6 sampai 11 tahun

id Vaksinasianak,vaksinasi anak

Pemkot Metro siapkan 15 dosis vaksin bagi anak usia 6 sampai 11 tahun

Kadiskes Metro drg Erla Andrianti. ANTARA/HO

Iya dilakukan sosialisasi terlebih dahulu baru kemudian mengurus izin ke Pemprov Lampung untuk pelaksanaannya.
Kota Metro (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, Provinsi Lampung segera melaksanakan vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun di kota setempat, dengan vaksin yang akan digunakan yaitu jenis Sinovac. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro drg Erla Andrianti mengatakan, sesuai kriteria dari Kemenkes, Kota Metro sudah bisa melaksanakan vaksinasi untuk anak usai 6 sampai 11 tahun. 

"Kalau sesuai kriteria dari Kemenkes itu yang sudah boleh melaksanakan vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun yaitu capaian vaksinasi massal mencapai 70 persen dan vaksinasi lansia 60 persen. Kami sudah mencapai itu," kata Erla, di Kota Metro, Selasa.

Ia menjelaskan, sebelum dilaksanakan vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun, nantinya akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat yang direncanakan pada 24 Desember mendatang. 

"Iya dilakukan sosialisasi terlebih dahulu baru kemudian mengurus izin ke Pemprov Lampung untuk pelaksanaannya," ujarnya pula. 

Pemkot Metro, kata dia, menargetkan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun sekitar 15 ribu dosis vaksin Sinovac. 

Erla menambahkan, pelaksanaan vaksinasi ini akan dilakukan di sekolah. Karena itu, pihaknya akan  berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) untuk mempermudah pelaksanaan vaksinasi. 

"Tetap pelaksanaannya vaksinasi sama dengan umur 13 tahun  diharuskan anak memiliki persetujuan orangtua sebelum dilakukan vaksinasi," katanya pula. 
Baca juga: Satgas sampaikan sasaran vaksinasi COVID-19 usia 6-11 tahun mencapai 26,5 juta
Baca juga: IDI Bandarlampung: Vaksinator harus lebih jeli sebelum lakukan vaksinasi anak