BMKG gelar Sekolah Lapang Iklim dukung food estate di Sumut

id Medan

BMKG gelar Sekolah Lapang Iklim dukung food estate di Sumut

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaksanakan Sekolah Lapang Iklim (SLI) di Desa Ria-Ria, Kabupaten Humbang Hasudutan, Sumatera Utara sebagai upaya mendukung food estate di daerah tersebut. (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaksanakan Sekolah Lapang Iklim (SLI) di Desa Ria-Ria, Kabupaten Humbang Hasudutan (Humbahas), Sumatera Utara, sebagai upaya mendukung food estate di daerah tersebut.

Kepala Stasiun Klimatologi Deli Serdang, Syafrinal, di Humbang Hasundutan, Kamis, mengatakan, SLI ini dilakukan untuk mendukung program food estate di Kabupaten Humbahas menuju kampung tanggap iklim.

BMKG berperan penting dalam penyebaran informasi kilmatologi, untuk mendukung program pemerintah di bidang ketahanan pangan.

Kegiatan ini bertujuan untuk percepatan ketahanan pangan yang dilakukan sebagai pendampingan dan pelatihan kepada kelompok tani atau masyarakat tani di daerah.

"Selain itu juga untuk memberikan pemahaman informasi iklim dan cuaca ekstrem di suatu wilayah," kata Syafrinal yang juga ketua pelaksana kegiatan.

Bupati Humbang Hasudutan, Dosmar Banjarnahor, dalam kesempatan yang sama mengatakan kegiatan SLI tersebut tentunya akan sangat membantu kelompok tani dalam pola tanam dan meningkatkan produktivitas hasil tanam di desa Ria-Ria.

Sinergi antara pemerintah pusat melalui BMKG dengan pemerintah daerah harus tetap dijaga dan berkelanjutan, khususnya dalam peningkatan ketahanan pangan di daerah.

"Diharapkan program sekolah lapang ini dapat berjalan terus sebagai langkah percepatan ketahanan pangan dan pemahaman iklim kepada masyarakat lokal secara berkelanjutan," katanya.

Uploader : Angga Pramana