Dompet Dhuafa hadirkan kurban bagi warga Palestina

id Dompet Dhuafa, Palestina

Dompet Dhuafa hadirkan kurban bagi warga Palestina

Dompet Dhuafa hadirkan kurban bagi warga Palestina. Foto Dompet Dhuafa

Saudara-saudara kita yang berada di Palestina pada Idul Adha tahun ini dapat menikmati daging kurban seperti yang dinikmati oleh seluruh umat muslim di belahan dunia, berkat amanah yang dititipkan para donatur kepada Dompet Dhuafa, ucap ​​​​​​​Ahmad

Palestina (ANTARA) - Dompet Dhuafa menyalurkan sebanyak 50 ekor sapi kurban yang dititipkan oleh para donatur Indonesia pada program Tebar Hewan Kurban (THK) 2021. 

Selama empat hari sejak Hari Raya Idul Adha (20/7/2021) hingga tasyrik ketiga (23/7/2021), melalui dua mitra THK Dompet Dhuafa, Takween Association dan Gazze Destek Association, daging-daging diberikan kepada warga Palestina yang terdampak akibat konflik yang berkepanjangan dengan tentara Israel.  

Ketua Takween Association Sadi Dabboor menyampaikan, tim pelaksana THK di Palestina menyasar masyarakat yang mengalami dampak dari serangan Israel tempo waktu yang lalu, terutama yang berada di tempat pengungsian. Selain itu, daging kurban juga disalurkan kepada warga-warga dhuafa yang membutuhkan.

Baca juga: LAZ MKU, BMT dan Dompet Dhuafa hadirkan ambulans bagi rakyat Palestina

Guna menghindari potensi penyebaran COVID-19, sebagaimana juga aturan pelaksanaan kurban oleh Menteri Agama Republik Indonesia, bahwa pemotongan hewan kurban dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Sedang pentasyarufannya, panitia mencacah-cacah daging kurban di RPH kemudian memasukkannya ke dalam kantong-kantong kertas.

Selanjutnya, panitia mendistribusikannya ke rumah-rumah penerima manfaat dan yang berada di tempat-tempat pengungsian.

Pada Idul Adha, Palestina masih berada dalam blokade oleh tentara Israel. Hal tersebut mengakibatkan masyarakatnya mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pangan. 

Baca juga: UPZ Bank Sumut dan DD Waspada salurkan ribuan karung beras bagi warga terdampak PPKM

Padahal, Idul Adha adalah momen umat muslim berpesta menikmati daging kurban. Selain itu, pascaserangan tentara Israel, tingkat kemiskinan dan pengangguran menjadi tinggi. Dengan kondisi seperti itu, bagi warga Gaza, hewan kurban menjadi langka dan mewah yang sulit dijangkau begitupun daging kurban.

“Kebaikan dan keberkahan THK Dompet Dhuafa oleh masyarakat muslim Indonesia telah sampai di Palestina. Saudara-saudara kita yang berada di Palestina pada Idul Adha tahun ini dapat menikmati daging kurban seperti yang dinikmati oleh seluruh umat muslim di belahan dunia, berkat amanah yang dititipkan para donatur kepada Dompet Dhuafa,” ucap Ketua THK Dompet Dhuafa 1441 H / 2021 M, Ahmad Faqih Syarafaddin.

TENTANG DOMPET DHUAFA
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar