LKC Dompet Dhuafa distribusikan sembako warga Kampung Ciwaru

id Yayasan Dompet Dhuafa, bagi sembako dompet dhuafa, Lampung Timur ,LKC Dompet Dhuafa

LKC Dompet Dhuafa distribusikan sembako warga Kampung Ciwaru

Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa melakukan pendistribusian sembako untuk masyarakat sekitar Kampung Ciwaru, Cipocok, Kota Serang, Banten, Minggu (3/5/2020). (ANTARA/HO)

Pembagian sembako ini sangat membantu
Lampung Timur (ANTARA) - Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa mendistribusikan sembako untuk masyarakat sekitar Kampung Ciwaru, Cipocok, Kota Serang, Banten, Minggu (3/5).

"Pandemi COVID-19 membuat penghasilan warga menurun, sehingga mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, hal itu yang mendasari adanya kegiatan pembagian sembako ini," ujar Danan Panggih Wisastra selaku Kepala Bagian Program LKC Dompet Dhuafa Banten dalam keterangan tertulis Yayasan Dompet Dhuafa.

Beberapa pekan lalu, LKC Dompet Dhuafa telah meresmikan Kampung Cekal Corona di wilayah Kampung Ciwaru. Kemudian masyarakat Kampung Cekal Corona yang terdampak ekonomi selama pandemi COVID-19 hari ini mendapatkan bantuan berupa sembako dari LKC Dompet Dhuafa.

Bantuan sembako ini diberikan untuk masyarakat Kampung Cekal Corona yang terdampak secara ekonomi, penghasilannya di bawah upah minimum regional (UMR) dan yang menurun selama pandemi ini berlangsung.

"Kerja sama dengan warung sekitar juga merupakan upaya untuk menghidupkan terus perputaran ekonomi yang positif bagi warung-warung kelontong di kampung tersebut.
Pendistribusian seperti ini juga dilakukan agar mereka (pemilik warung) ikut terlibat aktif  dalam program ini. Warga juga mengaku cukup terbantu dengan kegiatan distribusi sembako ini," ujar Danan Panggih Wisastra.
Baca juga: Layanan perbaikan motor dan HP gratis Dompet Dhuafa bagi korban banjir


Menurut dia, kegiatan ini sifatnya sementara dan akan dilanjutkan dengan kegiatan ketahanan pangan keluarga, seperti budi daya ikan lele dan budi daya tanaman pangan keluarga. 

Penyediaan sembako di Kampung Cekal Corona dilakukan dengan cara bersinergi dengan warung-warung sekitar. Untuk menghindari kerumunan warga atau untuk melakukan upaya jaga jarak, penyaluran sembako dilakukan dengan cara menukarkan vocer.

LKC Dompet Dhuafa telah memberikan vocer kepada para warga yang sudah terverifikasi sebelumnya. Kemudian vocer tersebut bisa ditukarkan dengan warung yang sudah bersinergi dengan LKC Dompet Dhuafa. 

"Pembagian sembako ini sangat membantu, penghasilan juga sudah menurun. Kami mengucapkan terima kasih kepada LKC Dompet Dhuafa" ujar Sani (60), salah satu warga Cirawu.

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welas asih) dan wirausaha sosial. 

Selama 26 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.
 
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar