Pemkab Bangka Barat tingkatkan layanan wisata di puncak Bukit Menumbing

id wisata babel,wisata bangka barat,menumbing,mentok,bukit menumbing

Pemkab Bangka Barat tingkatkan layanan wisata di puncak Bukit Menumbing

Pesanggrahan Menumbing, lokasi wisata pengasingan sejumlah pejuang Kemerdekaan RI di Muntok, Bangka Barat, Babel. ANTARA/Donatus DP

"Mulai tahun ini, kami sediakan bus khusus yang bisa dimanfaatkan pengunjung yang akan melihat dari dekat tempat pengasingan Proklamator RI yang berada di puncak Bukit Menumbing," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Bara
Muntok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai 2020 menyediakan bus khusus untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke puncak Bukit Menumbing.

"Mulai tahun ini, kami sediakan bus khusus yang bisa dimanfaatkan pengunjung yang akan melihat dari dekat tempat pengasingan Proklamator RI yang berada di puncak Bukit  Menumbing," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat Bambang Haryo Suseno, di Muntok, Babel, Rabu.

Menurut dia, ketersediaan alat transportasi khusus di lokasi itu penting untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan para pengunjung Pesanggrahan Menumbing.
Baca juga: Pemkab Bangka Barat targetkan kunjungan 220.000 wisatawan pada 2020

Rute menuju Pesanggrahan Menumbing yang berada di puncak bukit cukup sulit, terutama bagi pengemudi yang belum mengenal rute di kawasan Bukit Menumbing.

"Tarif cukup murah, hanya dengan membeli karcis seharga Rp10.000, pengunjung akan diantarkan dari pos kaki bukit menuju puncak dan kembali lagi ke tempat awal," katanya.

Selain bertarif murah, alat transportasi tersebut juga cukup nyaman karena dilengkapi dengan pendingin ruangan, pengisian baterai telepon genggam dan tempat duduk berkualitas.

Dengan adanya shuttle bus tersebut diharapkan bisa memberikan rasa nyaman dan aman bagi para pengunjung lokal dan asing untuk menikmati keindahan alam di puncak bukit.
Baca juga: Museum Timah Indonesia Muntok, destinasi wisata sejarah unggulan Bangka Barat

Pesanggrahan Menumbing merupakan lokasi pengasingan sejumlah tokoh Kemerdekaan RI yang ditawan Kolonial Belanda pada 1948-1949.

Bangunan berbentuk kastil tersebut berada di ketinggian 445 meter di atas permukaan air laut, dengan jalan menuju puncak berkelok naik dan turun dengan jarak tempuh sekitar 4,5 kilometer dari pos kaki bukit menuju puncak.

"Kami berharap dengan adanya moda transportasi khusus ini bisa memberikan kenyamanan pelayanan wisatawan yang datang ke Menumbing," katanya.