1,9 juta wisman kunjungi Batam sepanjang 2019

id batam,wisata,wisatawan mancanegara

1,9 juta wisman kunjungi Batam sepanjang 2019

Wisman tiba di Pelabuhan Internasional Sekupang Kota Batam disambut kompang. (Naim)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau optimistis angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai lebih dari 1,9 juta kunjungan sepanjang 2019, sesuai dengan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Kami yakin mencapai target RPJMD 2019 sebanyak 1,9 juta kunjungan wisman," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata, Kamis.

Sampai November 2019, BPS menyebutkan angka kunjungan wisman ke Batam sudah mencapai 1.758.648 kunjungan, lanjutnya,  dan biasanya, pada Desember, jumlah kunjungan wisman meningkat hingga lebih dari 200.000 kunjungan.

"Biasanya setiap akhir tahun begitu. Rata-rata kunjungan wisman lebih dari 200.000. Dengan begitu kami yakin, sampai akhir tahun jumlah kunjungan bisa di atas 1,9 juta," kata Ardi.

Pada 2020, Pemkot menargetkan 2 juta kunjungan wisman sesuai dengan RPJMD.

Untuk mencapai target itu, Pemkot Batam meningkatkan 3A, aksesbilitas, amenitas dan atraksi.

Sepanjang 2020, Pemkot Batam bersama pihak terkait menyusun 136 kegiatan atraksi pariwisata dalam Batam Calender of Events 2020.

"Tahun ini kita punya kegiatan lebih berwarna, ada kuliner, sport," kata dia.

Jumlah kegiatan, kata dia, kemungkinan akan bertambah seiring memasuki tahun berjalan, terutama acara-acara yang tidak membutuhkan persiapan lama.

Selain mengandalkan pada atraksi, pemerintah juga meningkatkan aksesibilitas menuju destinasi wisata demi memanjakan warga dan pelancong dalam dan luar negeri.

"Begitu juga dengan amenitas, pemerintah didukung swasta," kata dia.