Raja Ampat, tempat Festival Budaya Papua Barat 2020

id Sorong

Raja Ampat, tempat Festival Budaya Papua Barat 2020

Salah satu destinasi wisata Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat (ANTARA/Ernes)

Sorong (ANTARA) - Festival Budaya Provinsi Papua Barat pada 2020 akan diselenggarakan di Kabupaten Raja Ampat sebagai destinasi wisata dunia yang pengelolaan telah maju.

Kepala Dinas Pariwisata Papua Barat Yusak Wabia di Sorong, Jumat, mengatakan pihaknya telah menetapkan Raja Ampat sebagai tempat penyelenggaraan Festival Budaya Papua Barat 2020.

Dia mengatakan pengelolaan destinasi wisata yang baik serta sarana yang memadai membuat Raja Ampat layak menjadi tempat penyelenggaraan festival tersebut.

Ia mengungkapkan festival tersebut akan dipadukan dengan penyelenggaraan Festival Bahari Raja Ampat yang telah masuk dalam 100 kalender iven nasional.

Dia mengatakan festival skala besar itu ajang promosi guna menarik banyak wisatawan domestik maupun internasional berkunjung ke Kabupaten Raja Ampat.

"Jika nanti berjalan kita akan undang seluruh kepala daerah untuk mengikuti festival tersebut dan mereka akan membantu mempromosikan wisata Raja Ampat agar kunjungan wisatawan terus meningkat," kata dia.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat Jusdi Lamatenggo dalam keterangan terpisah, menyambut baik rencana Festival Budaya Papua Barat di daerah itu.

Dia mengatakan bahwa menggelar festival bukanlah hal yang mudah serta membutuhkan waktu untuk persiapan yang panjang.

"Apabila pemerintah provinsi serius kami akan mendukung. Namun, diharapkan festival itu sudah mulai dipersiapkan dari sekarang sehingga berjalan sukses," kata dia