Himpunan Pramuwisata Indonesia bersihkan sampah di destinasi wisata

id Raja Ampat,HPI Pulau Misool Raja Ampat,bersih pantai

Himpunan Pramuwisata Indonesia bersihkan sampah di destinasi wisata

Pemandu wisata Misool bersihkan sampah di destinasi wisata (Foto Antara Papua Barat/ Ernes)

Misool (ANTARA) - Pemandu wisata Pulau Misool yang tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, membersihkan sampah di destinasi wisata Putri Termenung dan Dapunlol, Selasa.

Kegiatan memungut sampah di destinasi wisata tersebut merupakan bentuk kepedulian pemandu wisata anggota HPI Pulau Misool terhadap kebersihan lingkungan.

Sekretaris DPC HPI Raja Ampat, Maikel Sada di Misool, Selasa, mengatakan bahwa kegiatan bersih sampah di destinasi wisata Putri Termenung dan Dapunlol Misool tersebut merupakan agenda tambah pelatihan pemandu wisata yang dilakukan guna peningkatan kualitas sumber daya manusia pemandu wisata Pulau Misool.

Ia mengatakan bahwa saat melakukan praktek lapangan pemandu wisata di destinasi wisata Putri Termenung dan Dapunlol ditemukan banyak sampah plastik yang ditinggalkan di dua destinasi tersebut.



Karena itu, kata dia, para pemandu wisata yang mengikuti pelatihan langsung membersihkan sampah plastik berupa botol air mineral kemasan yang ditinggalkan oleh wisatawan di destinasi wisata Gua Putri Termenung dan Dapunlol.

Dikatakannya, pemandu wisata HPI Raja Ampat sangat peduli dengan kebersihan lingkungan terutama kebersihan destinasi wisata yang ada di kabupaten Raja Ampat.

Menurut dia, anggota HPI Raja Ampat selalu diingatkan agar saat melakukan aktivitas menandu wisatawan menyiapkan kantong sampah untuk membersihkan sampah sehingga saat meningkatkan destinasi bersih tanpa ada sampah plastik.

Ia menyampaikan bahwa banyaknya sampah di destinasi wisata akibat wisatawan tidak tertib serta pemandu wisata abal-abal yang tidak memahami etika kepemanduan.

"Kami berharap pemandu wisata yang beroperasi di Raja Ampat benar-benar pemandu wisata yang beretika dan memiliki jiwa konservasi seperti anggota HPI Raja Ampat," ujarnya.
 
Pewarta :
Editor : Muklasin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar