Penumpang kapal wisata di Labuan Bajo terlindungi asuransi Jasa Raharja

id labuan bajo

Penumpang kapal wisata di Labuan Bajo terlindungi asuransi Jasa Raharja

Kepala PT Jasa Raharja (Persero), Cabang Nusa Tenggara Timur, Pahlevi Bernawi Syarif. (Antara Foto/ Benny Jahang)

Kupang (ANTARA) - Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Nusa Tenggara Timur, Pahlevi Bernawi Syarif mengatakan para penumpang kapal wisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat mendapat perlindungan dari asuransi Jasa Raharja apabila mengalami musibah selama berwisata di perairan ujung barat pulau Flores itu.

"Kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara ke Labuan Bajo semakin pesat. Banyak wisatawan menggunakan jasa angkutan laut untuk berwisata kesejumlah destinasi wisata sehingga mendorong para pelaku usaha pelayaran di Labuan Bajo untuk mendapatkan perlindungan kecelakaan dari Jasa Raharja," kata Pahlevi Bernawi Syarif kepada Antara di Kupang, Selasa.

Pahlevi Bernawi Syarif mengatakan hal itu terkait upaya Jasa Raharja dalam memberikan perlindungan terhadap wisatawan yang menggunakan jasa angkutan laut selama berwisata di Labuan Bajo sebagai destinasi wisata internasional.

Ia mengatakan, Jasa Raharja NTT telah melakukan penandatanganan kerjasama dengan lima pelaku usaha jasa angkutan laut wisata di Labuan Bajo untuk perlindungan kecelakaan bagi penumpang maupun awak kapal.

"Sampai saat ini sudah ada lima pelaku usaha pelayaran wisata yang bekerjasama dengan Jasa Raharja. Para penumpang kapal wisata dipastikan mendapat perlindungan dari Jasa Raharja apabila mengalami musibah," kata Pahlevi Bernawi Syarif.

Ia mengatakan, perlindungan kecelakaan terhadap wisatawan di Labuan Bajo hanya berlaku bagi kapal-kapal wisata yang telah memenuhi syarat keselamatan berlayar seperti kapal harus memiliki izin operasi, nahkoda memiliki sertifikasi sebagai nahkoda.

Dikatakannya, selain memberikan perlindungan terhadap para penumpang dan awak kapal wisata, Jasa Raharja juga memberikan edukasi melalui pemberian bantuan fasilitas keselamatan berlayar seperti life jacket bagi kapal-kapal wisata di daerah itu.

"Kami memberikan bantuan fasilitas keselamatan untuk memberikan jaminan keselamatan agar wisatawan menjadi lebih aman dan nyaman selama berwisata di Labuan Bajo," kata Pahlevi Bernawi Syarif.