Tim SAR gabungan cari WNA asal China yang hilang di Long Pink Beach Labuan Bajo

id basarnas,operasi sar,labuan bajo,wisatawan hilang,manggarai barat,ntt,flores

Tim SAR gabungan cari WNA asal China yang hilang di Long Pink Beach Labuan Bajo

Tim SAR gabungan melakukan pencarian wisatawan mancanegara yang hilang di Long Pink Beach, Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, NTT, Selasa (3/10/2023). (ANTARA/HO-Basarnas Maumere)

Kupang (ANTARA) - Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian warga negara asing (WNA), Yi Liu (27), yang hilang, Selasa, sejak pukul 10.00 Wita, saat berwisata di sekitar Long Pink Beach, Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

"Saat ini masih berlangsung pelaksanaan operasi SAR di Long Pink Beach Labuan Bajo," kata Kepala Kantor Basarnas Maumere yang juga SAR Mission Coordinator Supriyanto Ridwan dalam keterangan resmi dari Maumere, Kabupaten Sikka, Selasa.

Ia menjelaskan kronologi kejadian diperoleh dari kapten kapal wisata Qifadzah 03 bahwa rombongan tiba di Long Pink Beach pada pukul 08.30 Wita.

Kapten kapal menyarankan agar seluruh penumpang turun untuk menikmati keindahan alam pantai tersebut.

Namun, ketika seluruh wisatawan diminta untuk naik ke kapal dan dilakukan pengecekan, korban yang berasal dari China itu tidak berada di kapal sebagaimana manifes penumpang.

"Ditemukan hasil rekaman video bahwa pukul 09.16 Wita korban terekam sedang berjalan di bibir pantai dengan menggunakan pakaian snorkeling," katanya.

Tim SAR gabungan melakukan pencarian baik di laut maupun menyisir sabana yang ada di sekitar pantai untuk memastikan keberadaan korban.

"Hingga pukul 16.15 Wita (hasil, red.) pencarian masih nihil," ujarnya.