Bupati Waykanan Buka TMMD tingkat Kabupaten Waykanan

id TMMD, Waykanan

Bupati Waykanan Buka TMMD tingkat Kabupaten Waykanan

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya membuka acara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 tingkat Kabupaten Waykanan (Antaranews Lampung/ist)

Waykanan (Antaranews Lampung) – Bupati Waykanan Raden Adipati Surya membuka acara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 tingkat Kabupaten Waykanan, di lapangan Kampung Simpang Tiga Kecamatan Rebang Tangkas, Selasa. 

“Dengan adanya kegiatan TMMD ini, masyarakat bisa merasakan perbaikan pembangunan seperti mushola, MCK, pos kamling, jalan dan lainnya. Karena ini semua pembangunan untuk rakyat Waykanan,” kata Adipati.

TMMD ke-104 ini mengambil tema “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat serta Semangat Gotong Royong dalam Kehidupan Berbangsa Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional".

Menurut Bupati, tema itu sangat tepat dan menunjukkan kesungguhan TNI terhadap bangsa demi terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan, dengan cara memupuk kebersamaan hidup berdampingan secara damai, walaupun berbeda-beda latar belakang adat istiadat, budaya dan agama.

Selain itu, dalam kebersamaan dan kegotong royongan yang terus dijaga dan dikembangkan akan banyak kemudahan-kemudahan yang akan didapatkan. Untuk mengatasi persoalan saat ini maupun persoalan yang akan datang, sudah saatnya masyarakat torehkan karya-karya yang punya nilai kebaikan dan membahagiakan.

"Mari kita tuntaskan  persoalan dengan solusi dengan tepat dan mencerdaskan," katanya.

“Program TMMD adalah sebuah program pembangunan bangsa yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral oleh beberapa komponen, yaitu rakyat, TNI dan birokrat pemerintah serta lembaga kemasyarakatan. Oleh sebab itu, kegiatan TMMD merupakan salah satu kegiatan pembangunan yang sangat strategis dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari sisi pembangunan ekonomi, pertahanan keamanan, peningkatan rasa cinta tanah air dan menjaga keutuhan NKRI,” katanya 

Ia menjelaskan, pelaksanaan TMMD bermakna membangun kembali budaya gotong royong dan kebersamaan anak bangsa yang belakangan ini tampak semakin menipis  pada era global ini. Adanya fenomena-fenomena eksternal yang berpengaruh pada internal, seperti sifat individualisme, sifat yang mengutamakan kepentingan sendiri dan kurang peduli terhadap sesama. 

Dengan kembalinya semangat kebersamaan, gotong royong serta pola hidup berdasarkan nilai-nilai leluhur bangsa, maka akan lahir rasa senasib seperjuangan dan pada saatnya akan mewujudkan kesejahteraan, keamanan dan ketenteraman yang akan mendorong meningkatnya persatuan dan kesatuan bangsa.

“Saya berharap kepada Camat dan Kepala Kampung di lokasi kegiatan TMMD, kiranya dapat menggerakkan seluruh elemen masyarakat, selama pelaksanaan program  TMMD, ciptakan kebersamaan antar warga. Perlu dipahami bahwa pada kegiatan TMMD ini, personil TNI hanyalah sebagai motivator untuk mendorong partisipasi masyarakat. Oleh karena itu, saya berharap kepada seluruh masyarakat agar dapat membawa suasana kebersamaan, sehingga penyelenggaraan TMMD ini dapat berlangsung dengan lancar dan sukses,” katanya .

Komandan Kodim 0427 Waykanan Letkol CZI Komara mengatakan, kegiatan TMMD ke 104 tingkat Kabupaten Waykanan membangun sejumlah bangunan yang dapat langsung masyarakat rasakan, seperti pengecoran jalan, perbaikan mushola, tempat wudhu, pembuatan pos siskampling. 

Selain itu, dengan adanya pembangunan atau perbaikan ini bisa langsung masyarakat rasakan manfaatnya, khususnya pembangunan jalan.