Pemprov Lampung Gandeng Balitbang Kementan Tingkatkan Pertanian

id theresia sormin dan kementan

Staf Ahli Bidang Pemerintah Hukum dan Politik Theresia Sormin dan Kepala Balitbang Pertanian Kementerian Pertanian Muhammad Syakir usai mendatangani nota kesepahaman tentang penelitian, pengembangan, dan inovasi pertanian, di Ruang Sungkai Balai Kera

...Kerja sama ini diperlukan sebagai bahan kebijakan Gubernur Lampung mengambil langkah percepatan pertanian, kata Theresia...
Bandarlampung  (ANTARA LAMPUNG) - Pemerintah Provinsi Lampung menggandeng Badan Penelitan dan Pengembangan (Balitbang) Pertanian Kementerian Pertanian untuk meningkatkan pembangunan pertanian.

"Kerja sama ini diperlukan sebagai bahan kebijakan Gubernur Lampung mengambil langkah percepatan pertanian. Salah satunya, dengan mendatangani nota kesepahaman tentang penelitian, pengembangan, dan inovasi pertanian," kata Staf Ahli Bidang Pemerintah Hukum dan Politik Theresia Sormin, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menyebutkan, nota kesepahaman tersebut meliputi pendampingan teknologi spesifik lokasi komoditas tanaman pangan dan hortikultura, perkebunan, peternakan, dan pengembangan komoditas pertanian.

Penelitian berlandaskan kepada kearifan lokal Lampung, penerapan teknologi budidaya, dan pasca panen. Kemudian, pemanfaatan potensi dan kemampuan daerah baik sumber daya alam serta sumber daya manusia pertanian.

Theresia Sormin mengatakan kesepakatan ini untuk mempercepat pembangunan pertanian melalui pendayagunaan potensi sumber saya terpadu, terkoordinasi, dan saling menguntungkan.

"Kita berharap melalui kerja sama dengan Batlibang Pertanian ini bisa memunculkan inovasi terknologi pertanian yang mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Lampung," katanya.

Kepala Balai Besar Litbang Bioteknologi dan SDG Pertanian, Kementan, Mastur, mengatakan teknologi berperan penting dalam pembangunan pertanian.

Sektor pertanian harus didukung teknologi sehingga mampu memberikan dampak pertumbuhan ekonomi bagi petani dan pemerintah daerah.

"Peningkatkan pertanian pada akhirnya bermuara pada peningkatan kesejahteraan petani. Melalui kerja sama ini Balitbangtan menyuguhkan inovasi teknologi untuk kemajuan pertanian di Lampung," ujarnya.

(ANTARA)
 
 
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar