Polisi Tangkap Pencuri Spesialis Toko

id Kapolsek TKB Kompol Harto Agung Cahyo

Polisi Tangkap Pencuri Spesialis Toko

Kapolsek Tanjungkarang Barat Kompol Harto Agung (Foto: ANTARA Lampung/Roy Baskara Pratama)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Kepolisian Sektor Tanjungkarang Barat menangkap pelaku spesialis pencurian toko bernama Audri Saputra (23) seusai menjalankan aksinya.

"Tersangka mengambil barang karena usai lebaran ingin menikah dan perlu uang, sehingga melakukan pencurian," kata Kapolsek Tanjungkarang Barat Kompol Harto Agung, di Bandarlampung, Kamis.

Dia menyatakan, pengungkapan kasus ini berawal dari laporan korban bahwa toko miliknya mengalami pencurian berupa kamera DSLR.

Toko tersebut berfungsi sebagai studio foto milik Yuyun Lestari (27), di Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Kemiling, Bandarlampung.

"Usai pencurian korban langsung melapor, sehingga langsung memerintahkan petugas untuk melakukan penyelidikan," kata dia lagi.

Tidak perlu waktu lama, petugas berhasil menangkap tersangka di rumahnya beserta barang bukti kamera yang belum sempat terjual.

Kronologis kejadian pelaku berpura-pura datang ke toko tersebut sebagai konsumen terkait dokumentasi foto pernikahan saudara kandungnya.

"Di sana korban lengah dan tengah menunaikan shalat, sehingga pelaku langsung mengambil kamera di salah satu laci tokonya," kata dia pula.

Usai shalat, korban tidak melihat pelaku, tapi kamera yang disimpannya sudah hilang.

Hasil pemeriksaan pelaku bahwa yang bersangkutan mengaku baru satu kali melakukan pencurian. Tapi dari penyelidikan diperkirakan lebih dari sekali.

Menurut catatan kejahatan pelaku, diketahui pernah tertangkap mencuri sepeda motor dan telepon genggam di wilayah Kemiling, Bandarlampung.

Tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan yang ancaman hukumannya tujuh tahun penjara.

Tersangka Audri mengatakan terpaksa melakukan perbuatan itu, karena memerlukan kamera untuk foto pernikahan.

"Saya melakukan pencurian kamera tersebut hanya untuk foto-foto saat pernikahan saudara nanti," katanya lagi.  (ANT)