AJI Berikan Penghargaan Saidatul Fitria dan Kamaroedin

id AJI , Penghargaan ,Saidatul Fitria ,Kamaroedin

Bandarlampung, (ANTARA LAMPUNG) - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung akan menyerahkan Penghargaan Saidatul Fitriah dan Kamaroeddin pada Sabtu (6/9) malam.
        
Ketua AJI Bandar Lampung Yoso Muliawan di Bandarlampung, Jumat mengungkapkan, tiga dewan juri telah melakukan rapat terakhir yang memutuskan calon penerima Penghargaan Saidatul Fitriah dan Kamaroeddin.
        
Ia menyebutkan, ketiga dewan juri yang terdiri atas HS Tisnanta, Budisantoso Budiman dan Fadilasari akan menyampaikan hasil penilaian pada acara Malam Refleksi 20 Tahun AJI di Cafe Rumah Putih.
       
"Tahun ini, kami akan memberikan kedua penghargaan tersebut untuk ketujuh kali," kata Yoso.
        
Penghargaan Saidatul Fitriah diberikan kepada jurnalis dengan karya jurnalistik yang berdampak terhadap kehidupan demokrasi.
        
Sementara, Kamaroeddin diberikan kepada orang atau lembaga non-jurnalis yang dinilai konsisten memperjuangkan kebebasan pers, demokrasi, dan hak asasi manusia (HAM).
        
"Untuk tahun ini, juri sudah menyeleksi sekitar 70 judul karya jurnalistik yang dikumpulkan para jurnalis. Beberapa judul yang dikumpulkan ada yang memiliki keterkaitan tema. Dari satu tema tersebut, juri kemudian melihat dampak yang dihasilkan," jelasnya.
        
Selain penyerahan Penghargaan Saidatul Fitriah dan Kamaroeddin, Malam Refleksi 20 Tahun AJI akan diisi acara obrol ringan profesionalisme jurnalis, musik, dan pemotongan kue ulang tahun.