Polres Lamsel gelar silaturahmi ke warga jaga keamanan jelang Pilkada

id Lampung Selatan,Polres Lamsel ,Jaga keamanan pilkada

Polres Lamsel gelar silaturahmi ke warga jaga keamanan jelang Pilkada

Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin saat menggelar kegiatan forum silahturahmi dengan warga di Kecamatan Katibung. (ANTARA/HO/Humas Polres Lampung Selatan)

Kita harus bekerja sama dengan baik. Jangan sampai ada pelanggaran hukum selama Pilkada berlangsung

Lampung Selatan (ANTARA) - Polres Lampung Selatan (Lamsel) menggelar Forum Silaturahmi kepada warga di Kecamatan Katibung guna mempererat kerja sama antara masyarakat dan aparat keamanan untuk menjaga keamanan dan stabilitas wilayah menjelang Pilkada 2024.

"Kegiatan Forum Silaturahmi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Pantai Virgo Sebalang, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan ini bertujuan agar tahapan Pilkada berjalan dengan aman dan damai," kata Kapolres Lampung Selatan, AKBP Yusriandi Yusrin, di Kalianda, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan itu dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk penyelenggara pemilu seperti Panwas, PPK, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta perwakilan organisasi masyarakat (ormas) dan LSM dari Kecamatan Katibung dan Way Sulan.

Dalam kegiatan itu, ia menekankan pentingnya kerja sama dan sinergi antara aparat keamanan dan masyarakat untuk menciptakan Pilkada yang aman dan damai.

Menurut dia, seluruh pihak harus berperan aktif dalam menjaga situasi yang kondusif, terutama di masa Pilkada yang sering kali rawan dengan gesekan.

"Kita harus bekerja sama dengan baik. Jangan sampai ada pelanggaran hukum selama Pilkada berlangsung," kata dia.

Ia juga menjelaskan, pihaknya memberikan perhatian khusus terhadap penggunaan media sosial yang saat ini memiliki pengaruh besar di masyarakat.

Media sosial, lanjut dia, bisa menjadi alat untuk menyebarkan informasi positif, namun juga bisa memicu konflik jika tidak digunakan dengan bijak.

Oleh karena itu, Yusriandi menghimbau kepada seluruh masyarakat, terutama yang aktif di media sosial, agar lebih berhati-hati dan tidak mudah terprovokasi oleh berita atau informasi yang belum terverifikasi.

"Media sosial sekarang luar biasa. Kita harus bijak bermedia sosial, terutama saat Pilkada seperti ini. Betul-betul harus bijak melihat informasi pemberitaan, jangan menjadi pemicu konflik di masyarakat," ujarnya.

Tidak hanya itu, Kapolres juga menekankan pentingnya netralitas bagi semua pihak, terutama bagi penyelenggara pemilu dan aparat keamanan.

Ia menyebut bahwa netralitas adalah kunci untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap proses pemilihan dan hasilnya.

"Netralitas adalah hal utama. Semua pihak harus menjaga netralitas, baik aparat keamanan maupun penyelenggara pemilu. Jangan sampai ada yang memihak, karena kita bertugas untuk menjaga kelancaran Pilkada, bukan untuk berpihak pada kandidat tertentu," ujar dia.

Forum Silaturahmi Kamtibmas ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran serta mereka dalam menjaga keamanan dan kelancaran Pilkada, serta mendorong terciptanya pemilu yang damai, jujur, dan adil di Kabupaten Lampung Selatan.

Baca juga: Polisi salurkan Al Quran untuk anak-anak di Pulau Rimau Lampung Selatan

Baca juga: Polisi sita barang bukti narkoba bernilai Rp75,1 miliar di Lampung

Baca juga: Polisi ajarkan Bahasa Mandarin kepada anak di kawasan pesisir Lampung Selatan