Lampung Barat salurkan bantuan seragam sekolah ke pelajar

id Lampung Barat,Seragam sekolah gratis ,Pemkab Lambar

Lampung Barat salurkan bantuan seragam sekolah ke pelajar

Penjabat Bupati Lampung Barat Nukman saat memberikan seragam sekolah gratis kepada pelajar di Lampung Barat. (ANTARA/HO/Kominfo Lampung Barat)

Lampung Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat Nukman kembali mendistribusikan seragam sekolah gratis kepada pelajar.

Penjabat Bupati Lambar Nukman saat dihubungi dari Lampung Selatan, Senin, mengatakan kali ini pihaknya kembali menyalurkan bantuan seragam sekolah kepada ribuan siswa-siswi di Kecamatan Belalai dan Kecamatan Batu Ketulis.

"Sejumlah 397 siswa di Kecamatan Belalau dan 365 siswa dari Kecamatan Batu Ketulis menerima seragam sekolah gratis. Pembagian seragam sekolah gratis itu disasarkan kepada siswa peserta didik baru mulai dari tingkat SD/MI hingga SMP/MTs dan masing-masing siswa menerima satu stel seragam batik," katanya.

Ia menjelaskan pembagian seragam tersebut dipusatkan di SMP Negeri 1 Belalau dan dihadiri sejumlah kepala perangkat daerah Lampung Barat serta para dewan guru dan para orang tua wali murid, baik dari sekolah yang ada di Kecamatan Belalau maupun dari Kecamatan Batu Ketulis.

"Pemberian seragam sekolah gratis ini adalah Program Lanjutan Semua Bisa Melanjutkan Sekolah yang merupakan program unggulan Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2017," katanya.

Menurutnya, Program Semua Bisa Melanjutkan Sekolah merupakan komitmen pemkab untuk memajukan dunia pendidikan khususnya untuk siswa-siswi SD/MI dan SMP/MTs di Bumi Beguai Jejama Sai Betik.

Dengan adanya program seragam sekolah gratis tersebut, kata dia, diharapkan dapat meringankan pengeluaran biaya sekolah bagi para orang tua wali murid.

"Pemberian seragam gratis bagi siswa sekolah ini merupakan lanjutan program unggulan semua bisa melanjutkan sekolah. Dengan adanya program ini diharapkan mampu mengurangi beban atau biaya yang dikeluarkan oleh orang tua murid untuk menyekolahkan anaknya," ujar Nukman.

Ia juga menyampaikan pembagian seragam sekolah gratis ini juga sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan dan diharapkan dapat meningkatkan dan menunjang kualitas pendidikan di Kabupaten Lampung Barat.

"Diharapkan dengan kegiatan ini akan memberikan dorongan untuk lebih memotivasi, sekaligus dorongan bagi anak-anak didik kita agar mampu melanjutkan sekolah dan lebih berprestasi," ujar dia.

Nukman berharap kepada para kepala sekolah dan dewan guru agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten Lampung Barat. Sebab para dewan guru merupakan ujung tombak di lingkup pendidikan.

"Selanjutnya, lingkungan pendidikan juga perlu diperbaiki agar dapat memberikan kenyamanan bagi para siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar," ucapnya.