Pengamat: Anies diuntungkan jika dipasangkan dengan Rano Karno

id Anies Baswedan,Rano Karno,Ridwan Kamil,Pilkada Jakarta,PDIP

Pengamat: Anies diuntungkan jika dipasangkan dengan Rano Karno

Anies Baswedan dan Rano Karno (ANTARA/Wahyu)

Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik dari Universitas Andalas Padang Asrinaldi menilai Anies Baswedan akan meraup banyak dukungan jika dipasangkan dengan Mantan Gubernur Banten Rano Karno dalam Pilkada Jakarta.

"Kalau menghitung kekuatan karena memang popularitas penting, kompetensi dan ada segmentasi pemilihnya, yang lebih aman ya Rano Karno," kata Asrinaldi saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin.

Menurut Asrinaldi, sosok Rano Karno tidak hanya dikenal kalangan warga Jakarta melainkan seluruh masyarakat Indonesia karena berlatar belakang sebagai seniman Betawi.

Tidak hanya itu, kepiawaian Rano Karno dalam dunia birokrat juga telah teruji kala menempati beberapa jabatan diantaranya Wakil Bupati Tangerang 2008-2011, Wakil Gubernur Banten 2012-2014 dan terakhir jadi Gubernur Banten pada 2015-2017.

Selain itu, status Rano Karno sebagai kader PDIP juga membuat partai berlambang banteng moncong putih itu mempunyai kekuatan penuh lantaran tidak harus berkoalisi dengan partai manapun.

"Saya pikir ini menjadi kekuatan bagi PDIP perjuangan karena dia bisa mengusung sendiri dan yang lebih siap itu PDIP," kata Asrinaldi.

Namun demikian, Asrinaldi juga menilai pasangan Ridwan Kamil dan Suswono juga tidak bisa dianggap remeh lantaran memiliki rekam jejak baik di dunia pemerintahan.

Ridwan Kamil sendiri dinilai Asrinaldi cukup berhasil memimpin Bandung dan Jawa Barat sedangkan pasangannya yakni Suswono juga mempunyai pengalaman mumpuni kala menjabat sebagai Menteri Pertanian era presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Karenanya, Asrinaldi memastikan Pilkada Jakarta akan menjadi ladang pertempuran yang sengit karena mempertemukan pasangan berkualitas.

Sebelumnya, Juru Bicara Anies Baswedan, Angga Putra Fidrian, mengungkapkan bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta itu dijadwalkan ke Kantor DPP PDI Perjuangan yang berlokasi di Jalan Diponegoro Nomor 58, Jakarta, pada Senin siang.

Meski begitu, Angga enggan menjelaskan lebih detail mengenai tujuan kunjungan Anies Baswedan ke markas partai berlambang banteng moncong putih itu.

"Iya ke DPP, tetapi detailnya bisa ditanya ke PDIP," ujar Angga saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Senin pagi.

Berdasarkan agenda yang diterima, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri direncanakan mengumumkan bakal calon kepala daerah untuk provinsi dan kabupaten/kota pada gelombang ketiga. Pengumuman diselenggarakan pada pukul 13.00 WIB di Kantor DPP PDIP.