Pemkab Lampung Selatan komitmen terus salurkan air bersih ke warga kekeringan

id Lampung Selatan ,Air bersih ,Musim kemarau

Pemkab Lampung Selatan komitmen terus salurkan air bersih ke warga kekeringan

Petugas Damkarmat Lampung Selatan saat mendistribusikan bantuan air bersih. (ANTARA/HO/Damkarmat Lamsel)

Lampung Selatan (ANTARA) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan  berkomitmen akan terus mendistribusikan bantuan sosial berupa air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan.

Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat Lampung Selatan Rully Fikriansyah, di Kalianda, Sabtu, mengatakan pihaknya akan terus menyalurkan bantuan air bersih untuk warga yang membutuhkan.

Untuk warga Lampung Selatan yang memerlukan air bersih silahkan untuk menghubungi nomor call center Damkarmat +62 822-7951-3682, tapi harus kordinasi dengan kepala desa setempat," katanya.

Ia mengatakan pihaknya siap menyalurkan bantuan air bersih berapa pun kebutuhan masyarakat asalkan ada surat permohonan yang diajukan secara resmi oleh pemerintah desa setempat.

Oleh karena itu, kata dia, bagi pemerintah desa yang wilayahnya telah terdampak kekeringan diimbau untuk segera mengajukan surat permohonan bantuan air bersih.

Menurut dia, surat permohonan tersebut menjadi dasar petugas Damkarmat Kabupaten Lampung Selatan untuk menyalurkan bantuan air bersih bagi warga yang membutuhkan.

Menurutnya, pihaknya telah menyalurkan bantuan air bersih kepada warga di Kecamatan Merbau Mataram dan Kecamatan Way Panji.

"Kita sudah mulai mendistribusikan air bersih ke warga Desa Hargo Sari 1, Kecamatan Merbau Mataram, dan di Desa Sidoharjo, Kecamatan Way Panji, Kabupaten Lampung selatan," ujar dia.

Ia mengatakan masyarakat yang terdampak kekeringan akibat musim kemarau di Lampung Selatan masih sangat membutuhkan air bersih, karena air adalah kebutuhan utama warga.

Menurutnya, Damkarmat merespons cepat keluhan warga terkait kebutuhan air bersih, kemudian pihaknya langsung menerjunkan mobil pemadam kebakaran untuk mendistribusikan air.

Ia juga menambahkan pasokan air bersih akan terus dilakukan secara berkesinambungan untuk membantu warga yang terdampak kemarau.

Dirinya juga mengatakan salah satu penyebab utama kekeringan di wilayah ini adalah akibat musim kemarau yang berlangsung lama. Apabila ada keluhan masyarakat terkait air bersih, pihaknya siap langsung mengirimkan bantuan tersebut untuk warga.