BBWS Lampung sebut bendungan Margatiga disiapkan untuk impounding

id Bendungan Margatiga, bendungan lampung, matgatiga lampung

BBWS Lampung sebut bendungan Margatiga disiapkan untuk impounding

Arsip- Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung Roy Panagom Pardede saat memberi keterangan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Kami tengah mempersiapkan untuk pelaksanaan impounding atau pengisian pertama dalam waktu dekat
Bandarlampung (ANTARA) - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung menyatakan bahwa Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur saat ini tengah dipersiapkan untuk pelaksanaan impounding.
 
"Kami tengah mempersiapkan untuk pelaksanaan impounding atau pengisian pertama dalam waktu dekat. Bila semua proses selesai secara linier, maka impounding dapat berjalan lancar juga," ujar Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung Roy Panagom Pardede di Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan dalam beberapa waktu ini pun telah dilakukan proses pembersihan lahan, serta penyelesaian permasalahan mengenai beberapa bidang tanah bekas kawasan hutan.

"Memang dalam prosesnya beberapa waktu lalu masih ada bidang tanah yang belum bebas sekitar 800 bidang. Dan di dalamnya ada 617 bidang atau sekitar 250 hektare yang belum diganti rugi. Bidang tanah itu sebelumnya adalah bekas kawasan hutan yang dikelola masyarakat menjadi perkebunan sejak 2012," katanya.

Dia menjelaskan untuk mempercepat proses pengoperasian Bendungan Margatiga, pihaknya pun telah mendorong proses penyelesaian serta telah dikeluarkan pula legal opinion dari Kejaksaan Tinggi Lampung.

"Kemudian dari hasil audit pun telah dinyatakan layak untuk dilakukan ganti rugi. Kami bersama BPKP dan Polda Lampung sudah melakukan klarifikasi bidang per bidang dan datanya sudah disampaikan ke Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Timur," ucap dia.

Menurut dia, dalam pelaksanaan percepatan operasional Bendungan Margatiga telah dilakukan proses validasi bidang per bidang tanah, musyawarah bentuk hingga persiapan proses pembayaran dan pembersihan lahan pun sudah dilaksanakan.

"Kemarin sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah agar proses pembayaran segera dilakukan, sehingga proses pembersihan lahan bisa dilakukan dengan lancar," tambahnya.

Diketahui sebelumnya pada Oktober 2023 dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Lampung Tengah Presiden Joko Widodo meminta pengerjaan Bendungan Margatiga dapat selesai di 2024 agar dapat menambah ketahanan sumber daya air di Lampung Timur dan sekitarnya.

Bendungan Margatiga yang berada di Kabupaten Lampung Timur memiliki kapasitas tampung 42,31 juta meter kubik, dengan luas genangan seluas 2.217 hektare dan tinggi bendungan 22,5 meter.

Pengerjaan bendungan tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp850 miliar, dan bendungan itu memiliki manfaat untuk pengairan daerah irigasi di Provinsi Lampung dengan luas mencapai 16.588 hektare.

Daerah irigasi tersebut terbagi menjadi daerah irigasi Jabung Kiri seluas 5.638 hektare dan daerah irigasi Jabung Kanan seluas 10.950 hektare.

Selain itu Bendungan Margatiga juga mampu memasok air baku sebesar 0,8 meter kubik per detik untuk Kabupaten Lampung Timur dan mampu mereduksi banjir sebesar 83,10 meter kubik per detik untuk Kabupaten Lampung Timur dan Bandarlampung.

Serta memiliki fungsi untuk konservasi air, penyaluran air guna mencegah masuknya air asin dan potensi di sektor pariwisata.