Presiden: Bendungan Margatiga tingkatkan produktivitas pertanian

id Jokowi ke lampung, bendungan margatiga, peresmian bendungan margatiga, pertanian lampung

Presiden: Bendungan Margatiga tingkatkan produktivitas pertanian

Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Margatiga sebagai bendungan ke-44 yang diresmikan selama periode 2015-2024 di Lampung Timur, Senin (26/8/2024). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Selain bisa mereduksi banjir, dan menyediakan air baku, Bendungan Margatiga juga bisa mendukung daerah pertanian melalui pemenuhan air irigasi
Lampung Timur (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo mengharapkan operasional Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur dapat meningkatkan produktivitas pertanian di daerah.
 
"Selain bisa mereduksi banjir, dan menyediakan air baku, Bendungan Margatiga juga bisa mendukung daerah pertanian melalui pemenuhan air irigasi bagi sawah-sawah yang dimiliki," ujar Jokowi di Lampung Timur, Senin.
 
Ia juga mengharapkan Bendungan Margatiga di Lampung Timur dapat menyediakan layanan irigasi bagi para petani terutama dalam menghadapi masa panen.
 
"Diharapkan produktivitas petani terkait Bendungan Margatiga bisa naik signifikan, oleh karena itu saya resmikan hari ini Bendungan Margatiga di Lampung Timur ini," katanya.
 
Tanggapan mengenai manfaat Bendungan Margatiga bagi sektor pertanian daerah terutama di Kabupaten Lampung Timur dikatakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur Moch Jusuf.
 
"Kami pemerintah kabupaten bersyukur dan mendukung adanya bendungan ini, karena dampaknya nanti petani-petani intensitas tanam di sawahnya meningkat sehingga ada perluasan lahan tanam," ujar Moch Jusuf.
 
Dia melanjutkan adanya perluasan tanam padi juga akan meningkatkan produktivitas lahan pertanian di Kabupaten Lampung Timur.
 
"Kalau lahan sudah statis luasnya, hanya nanti ada intensifikasi. Mungkin yang sebelumnya lahan sawahnya tadah hujan bisa beralih ke irigasi teknis, sehingga bendungan ini memiliki nilai manfaat tinggi bagi pertanian Lampung," tambahnya.
 
Diketahui Bendungan Margatiga memiliki kapasitas tampung mencapai 42,31 juta meter kubik dan luas genangan 2.217,84 hektare.
 
Dalam kunjungan kerja kali ini di Lampung, Presiden mengunjungi beberapa lokasi seperti Bendungan Margatiga di Lampung Timur, kemudian dilanjutkan dengan meresmikan Pasar Pasir Gintung di Kota Bandarlampung dan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Bandarlampung di Kabupaten Lampung Selatan.