Bulog Lampung sebut telah serap 26.263 ton gabah petani

id Bulog lampung, serapan gabah petani, pertanian lampung

Bulog Lampung sebut telah serap 26.263 ton gabah petani

Ilustrasi- Pekerja tengah menata beras yang ada di gudang Bulog Lampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Kegiatan penyerapan gabah ataupun beras hasil panen petani terus dilakukan dengan ketentuan, kualitas, dan harga yang berlaku.
Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Bulog Lampung menyatakan bahwa serapan panen gabah petani yang dilakukan pihaknya hingga Juni 2024 telah mencapai 26.263 ton.

"Untuk kegiatan penyerapan panen petani di musim panen terus kami lakukan," ujar Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil Lampung Taufan Akib di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan penyerapan panen tersebut dilakukan sesuai dengan ketentuan, kualitas dan harga yang juga disetujui oleh para petani.

"Kegiatan penyerapan gabah ataupun beras hasil panen petani terus dilakukan dengan ketentuan, kualitas, dan harga yang berlaku. Terutama untuk mempersiapkan menghadapi musim kemarau," katanya.

Selain terus melakukan penyerapan gabah ataupun beras petani, pihaknya juga terus berupaya menjaga ketersediaan pangan terutama beras bagi masyarakat.

"Kemarin saat Idul Adha ketersediaan pangan terutama beras sangat mencukupi konsumsi masyarakat. Penyerapan gabah ataupun beras milik petani ini akan dilakukan secara merata di 15 kabupaten dan kota," ucap dia.

Diketahui pada periode April 2024 serapan pengadaan gabah ataupun beras petani di Provinsi Lampung oleh Bulog Lampung sudah mencapai 3.025 ton setara beras dan bila dihitung dalam bentuk gabah sekitar 6.000 ton.

Sedangkan untuk penggilingan padi modern sudah sudah melakukan pembelian barang dalam bentuk gabah langsung ke petani, dan kelompok tani berupa beras medium ataupun premium mencapai 2.500 ton.

Dengan penyerapan tersebut diharapkan bisa memenuhi pengadaan beras selama 2024 sebesar 30 ribu ton.

Baca juga: Bulog Lampung catat serapan panen capai 3.025 ton hingga April

Baca juga: Bulog Lampung serap 300 ton gabah komersil petani untuk beras premium

Baca juga: Bulog catat penyerapan padi di Lampung Januari-April capai 13 ribu ton