Disnaker Lampung: Aplikasi Si Gajah jadi solusi penyedia bursa kerja daring

id Aplikasi bursa kerja, tenaga kerja lampung, bursa kerja lampung, si gajah lampung, disnaker lampung

Disnaker Lampung: Aplikasi Si Gajah jadi solusi penyedia bursa kerja daring

Pelaksana Harian (Plh) Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung Yanti Yunidarti. ANTARA/HO-koleksi pribadi Plh Kadisnaker Provinsi Lampung.

Harapannya pencari kerja pemula bisa terbantu melalui aplikasi ini, sambil kami bekerja sama mempersiapkan mereka agar siap masuk ke dunia kerja, ujar dia
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Tenaga (Disnaker) Provinsi Lampung menyatakan, adanya aplikasi Si Gajah dapat menjadi solusi penyedia bursa kerja daring bagi pencari kerja pemula di daerahnya.
 
"Sekarang tingkat pengangguran generasi Z cukup banyak, jadi Dinas Tenaga Kerja sebenarnya sudah memiliki sistem ketenagakerjaan daerah sebagai penyedia bursa kerja," ujar Pelaksana Harian (Plh) Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung Yanti Yunidarti saat dihubungi Bandarlampung, Rabu.
 
Ia mengatakan, melalui aplikasi Si Gajah Lampung yang merupakan platform sistem informasi yang memberikan pelayanan informasi kerja secara daring dapat menjadi solusi untuk mencari lowongan pekerjaan bagi pencari kerja terutama pencari kerja pemula.
 
"Dengan aplikasi ini bisa mempertemukan pencari kerja dengan lapangan kerja. Yang sudah memanfaatkan ini ada 11 ribu orang lebih pencari kerja dan ada 128 perusahaan yang berpartisipasi," katanya.

Dia menjelaskan tata cara mendapatkan informasi bursa kerja melalui aplikasi tersebut dapat dilakukan secara aktual, dimana pencari kerja yang telah mendaftarkan diri akan mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru di gawai mereka.
 
"Kami selalu melakukan sosialisasi mengenai aplikasi ini ke sekolah menengah atas serta sekolah menengah pertama. Tujuannya memberikan kesiapan bagi siswa untuk masuk dunia kerja, jadi mereka akan diminta untuk mendaftarkan diri sejak dini," ucap dia.
 
Menurut dia, adanya aplikasi tersebut pun dapat melengkapi dan diintegrasikan dengan penggunaan aplikasi Siap Kerja milik Kementerian Ketenagakerjaan.
 
"Lalu selain itu masih dalam aplikasi yang sama ada Si Gajah Latih, di sini akan menyediakan layanan informasi publik untuk rekrutment program pelatihan kerja melalui empat balai latihan kerja di Lampung," tambahnya.
 
Ia mengharapkan dengan adanya penyediaan informasi bursa kerja secara daring tersebut bisa membantu pencari kerja pemula untuk mencari lowongan pekerjaan secara daring.
 
"Harapannya pencari kerja pemula bisa terbantu melalui aplikasi ini, sambil kami bekerja sama mempersiapkan mereka agar siap masuk ke dunia kerja," ujar dia.
 
Jumlah pencari kerja yang telah memanfaatkan layanan informasi bursa kerja melalui aplikasi Si Gajah total ada 11.572 orang yang terdiri dari 2022 ada 5.616 orang pencari kerja, 2023 ada 4.083 orang pencari kerja, dan di 2024 ada 1.873 orang pencari kerja.
 
Sedangkan untuk jumlah perusahaan yang sudah ikut berpartisipasi dalam memberikan informasi lowongan pekerjaan melalui Si Gajah total ada sebanyak 128 perusahaan.
 
Ke-128 perusahaan yang ikut berpartisipasi itu terinci ada 62 unit perusahaan di 2022, 61 unit perusahaan di 2023 dan 5 unit perusahaan di 2024.