Polda Lampung edukasi anak-anak disabilitas tentang keselamatan berlalulintas

id Polda lampung, anak disabilitas, edukasi anak disabilitas

Polda Lampung edukasi anak-anak disabilitas tentang keselamatan berlalulintas

Polda Lampung berikan edukasi kepada anak disabikitas tentang rambu lalulintas. (ANTARA/DAMIRI)

Bandarlampung (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung memberikan edukasj terkait keselamatan berlalu lintas terhadap puluhan anak-anak disabilitas di Yayasan Harapan Masa Depan Lampung Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) Growing Hope, Bandarlampung.

Pemberian edukasi keselamatan berlalu lintas tersebut disertai dengan dengan alat peraga rambu-rambu lalulintas oleh petugas Ditlantas Polda Lampung.

'Ini kami lakukan baru sekali, dan kami sangat senang menghibur anak-anak disabilitas dengan cara memberi mereka pengetahuan tentang keselamatan berlalu lintas," kata Kasi Dikmas Ditlantas Polda Lampung, Kompol Lukita di Bandarlampung, Selasa.

Menurutnya sangat penting memberikan pengetahuan terhadap anak-anak disabilitas tersebut. Sebab meskipun ada perbedaan dengan anak-anak lainnya namun mereka juga wajib mengetahui tentang dunia luar.

"Mereka ini sangat semangat sekali dan memiliki wawasan yang tinggi. Karena itu mereka perlu mengetahui lalu lintas jalan raya seperti rambu-rambu dan pematuhan lalulintas," kata dia.

Dia berharap dengan dengan adanya kegiatan tersebut para anak-anak dapat mengetahui lebih dari anak-anak normal lainnya tentang rambu-rambu lalulintas.

"Semoga mereka juga selalu sehat terus, dan selalu mendapatkan perhatian baik dari keluarga maupun dari orang-orang lainnya," katanya.

Pendidik Yayasan Harapan Masa Depan Lampung Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) Growing Hope, Bandarlampung, Maria Novitawati mengucapkan terimakasih atas kepedulian Ditlantas Polda Lampung dalam memperhatikan anak-anak didiknya untuk mengetahui tentang rambu-rambu lalulintas.

"Saya sangat apresiasi dengan Polda Lampung yang telah meluangkan waktunya untuk anak-anak disabilitas. Melalui materi yang sangat jelas ini mudah-mudahan anak-anak didik dapat lebih mengetahui tentang rambu lalulintas," katanya.

Maria yang juga merupakan seorang psikolog tersebut menambahkan dengan adanya kepedulian tersebut diharapkan anak-anak dapat menerima kunjungan lainnya untuk membagikan pengetahuan tentang apa yang ada di luar.

"Karena mereka ini sangat senang seperti dikunjungi orang tuanya. Anak-anak juga merasa dipedulikan dan dilindungi khususnya kepada Polda Lampung. Pengetahuan ini sangat dibutuhkan sekali, diharapkan anak-anak SLB lainnya juga dapat mengetahui pengetahuan ini," katanya lagi.

Kasubbid Penmas Polda Lampung, AKBP Rahmat Hidayat menambahkan, kegiatan tersebut sangat penting bagi anak-anak yang memiliki kekurangan dan berkebutuhan khusus.

Anak-anak tersebut, lanjut dia, sangat perlu mendapatkan perhatian khusus dan edukasi dalam mengetahui rambu-rambu lalu lintas.

"Kita berikan kesempatan untuk mereka belajar, jangan kita sia-siakan. Mereka perlu mendapatkan edukasi ini untuk mengetahui lalulintas di jalan raya," katanya.

NOTE: ADV