MUI Lampung ajak warga jaga persaudaraan meski beda pilihan pada pemilu

id Lampung,MUI Lampung,Pemilu 2024,Pemilu damai

MUI Lampung ajak warga jaga persaudaraan meski beda pilihan pada pemilu

Ketua Umum MUI Lampung Prof Moh Mukri saat dimintai keterangan. Bandarlampung, (12/2/2024). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Boleh tidak suka salah satu paslon tapi tidak berlebihan, boleh juga mencintai dan mendukung tapi tidak juga berlebihan
Bandarlampung (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung mengajak seluruh elemen masyarakat menjaga persaudaraan antar sesama meski berbeda pilihan pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 

"Jadi menjelang pemungutan suara diharapkan kepada masyarakat Lampung khususnya dan Indonesia pada umumnya tetap menjaga kondusivitas dan hubungan baik dengan orang terdekat serta antar sesama," kata Ketua Umum MUI Lampung Prof. Moh Mukri, di Bandarlampung, Provinsi Lampung, Senin.

Menurutnya, sekalipun masyarakat berbeda pilihan politiknya, tetap harus menjaga harmonisasi hubungan satu sama lain, dan jangan sampai hal itu malah memecah belah persaudaraan antar anak bangsa.

"Sekalipun beda pilihan politik, kami harap tetap jaga hubungan baik, karena bangsa Indonesia memang memiliki gen plural. Kita bisa bersatu jadi Indonesia karena Bhineka Tunggal Ika," kata dia.

Prof. Mukri pun berpesan kepada masyarakat untuk tidak berlebihan dalam mendukung serta mencintai salah satu pasangan calon begitu pula sebaliknya.

"Boleh tidak suka salah satu paslon tapi tidak berlebihan, boleh juga mencintai dan mendukung tapi tidak juga berlebihan. Karena siapapun nanti yang terpilih itulah yang akan menjadi pemimpin kita semua bangsa Indonesia," kata dia.

Mukri juga mengimbau pada masa tenang menjelang pemungutan suara semua pihak dapat menjaga kondusivitas dan stabilitas negara agar semua dapat berjalan dengan aman dan damai.

"Kami harap di masa tenang ini tidak muncul kegaduhan, sehingga bangsa ini bisa melewati masa-masa seperti ini dengan damai tidak ada kegaduhan ini akan menjadi bagian dari proses pembelajaran pendewasaan bangsa," kata dia.

Ketua MUI Lampung itu pun mengajak seluruh masyarakat untuk tidak golput (Golongan Putih) dan berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilihnya.

"Saya juga mengajak masyarakat jangan golput karena kalau golput nanti orang baik yang harusnya terpilih jadi presiden dan DPR, bisa jadi orang yang niatnya tidak baik malah yang jadi," kata dia.

Baca juga: MUI Lampung minta jajaran pengurus jaga kondusivitas jelang Pemilu 2024

Baca juga: MUI Sulsel: Aliran Taklim Makrifat sesat

Baca juga: MUI nyatakan tidak pernah merilis daftar produk terafiliasi Israel