Telkom dan IOH kerja sama perkuat digitalisasi Indonesia

id PT Telkom, digitalisasi Indonesia, Indosat Ooreedo

Telkom dan IOH kerja sama perkuat digitalisasi Indonesia

CEO NeutraDC, Andreuw Th A F (kanan) dan CEO BDx, Mayank Srivastava saat penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) dan joint venture dari BDx Data Centers (BDx), Indosat, dan Lintasarta, BDx Indonesia di Pacific Telecommunications Council (PTC) 2024, di Honolulu, Hawaii, AS, Minggu (21/1/2024). ANTARA/HO-Humas Telkom

Makassar (ANTARA) - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison atau Indosat atau IOH) menjalin kerja sama dalam memperkuat digitalisasi Indonesia.

“Melalui kolaborasi strategis dan memanfaatkan seluruh layanan yang dimiliki, membuat kami memiliki tolak-ukur kualitas layanan," kata Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah dalam keterangan pers yang diterima di Makassar, Senin.

Dua pemimpin utama industri telekomunikasi di Indonesia tersebut mengumumkan kemitraan strategis untuk memperkuat infrastruktur digital melalui ekosistem Internet Exchange (IX) melalui penandatanganan nota kesepahaman.

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) itu dilakukan antara Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) dan joint venture dari BDx Data Centers (BDx), Indosat, dan Lintasarta, BDx Indonesia di Pacific Telecommunications Council (PTC) 2024, di Honolulu, Hawaii, AS, pada Minggu (21/1) waktu setempat.

Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh CEO NeutraDC Andreuw Th A F dan CEO BDx Mayank Srivastava, disaksikan oleh Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, dan President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha. 

Ririek menegaskan dengan semakin kuatnya kehadiran Telkom Indonesia di Asia Pasifik, akan berdampak baik terhadap kualitas layanan internet secara signifikan. Sehingga, dapat mempercepat akses informasi yang berdampak positif terhadap masyarakat secara luas. 

Hal ini, lanjutnya, juga menekankan komitmen TelkomGroup dalam memberikan layanan tanpa batas kepada pelanggan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi digital di regional. 

"Melalui keahlian NeutraDC dan BDx Indonesia, kami yakin dapat menciptakan solusi akses informasi yang inovatif dan efisien, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang dinamis dalam menghadapi ekonomi digital regional," urainya.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha menyebut tujuan besar dari Indosat Ooredoo Hutchison untuk menghubungkan dan memberdayakan setiap masyarakat Indonesia. 

Kolaborasi yang disepakati melalui BDx Indonesia ini akan membantu memperkuat infrastruktur jaringan internet Indonesia secara signifikan dan mempercepat pemerataan digitalisasi dalam negeri. 

"Dengan semangat gotong royong, kerja sama ini menunjukkan komitmen Indosat untuk membuka potensi ekonomi digital Indonesia demi kesejahteraan masyarakat luas," kata dia.

Dengan terjalinnya kerja sama ini, Vikram menegaskan bahwa baik Telkom maupun Indosat tidak hanya menunjukkan komitmen bersama dalam memajukan infrastruktur digital, mendorong inovasi, mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia lewat konektivitas yang lebih efisien, namun keduanya semakin memperkuat posisi Indonesia menjadi pemain pusat data tingkat global dan menjadi data center hub Asia Tenggara.