Fajar/Rian lolos ke perempat final India Open 2024

id Fajar alfian/muhammad rian ardianto,fajar/rian,india open 2024,india open

Fajar/Rian lolos ke perempat final India Open 2024

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (ANTARA/HO-PP PBSI)

Di gim pertama kami bisa mengontrol permainan dan serangan kami bisa menembus mereka. Tapi di gim kedua, mereka mulai mengubah pola permainan, jelas Rian

Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menyusul langkah wakil Indonesia lainnya, Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra) ke babak perempat final India Open 2024.

Kepastian itu didapatkan setelah Fajar/Rian membukukan kemenangan rubber game atas pasangan Denmark Rasmus Kjaer/Frederik Sogaard dengan skor 21-15, 13-21, 21-17 pada babak 16 besar India Open 2024 yang digelar di K.D.Jadhav Indoor Hall, Indira Gandhi Sports Complex, New Delhi, Kamis.

“Alhamdulillah bersyukur bisa diberikan kemenangan dan tanpa cedera hari ini. Tapi jujur, saya pribadi bermain kurang baik, sudah mencoba tapi touch pukulannya ada yang kurang enak. Semoga besok bisa lebih baik lagi,” kata Fajar dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

Perebutan poin di gim pertama berlangsung sengit, dengan kedua pasangan saling mengejar satu sama lain. Papan skor beberapa kali menunjukkan angka yang sama pada awal gim pertama ini, sebelum akhirnya Fajar/Rian berhasil merebut interval gim.

Selepas turun minum, pasangan Indonesia tampil lebih yakin dan percaya diri, dan itu terbukti dengan dominasi mereka yang tidak memberikan kesempatan bagi Kjaer/Sogaard untuk mengejar. Gim pertama pun diraih oleh Fajar/Rian 21-15.

Pada awal gim kedua, perebutan angka kembali terjadi seperti pada gim sebelumnya. Namun, kini pasangan Denmark lah yang berhasil merebut interval gim kedua dan mempertahankan performa mereka hingga mengamankan gim ini dengan skor 21-13 atas Fajar/Rian.

Kedua pasangan kembali menunjukkan strategi masing-masing untuk merebut satu tempat di babak perempat final turnamen BWF Super 750 ini. Fajar/Rian, yang turun sebagai unggulan keenam, terlihat lebih tenang dalam bermain di gim pamungkas ini.

Ganda putra peringkat enam dunia ini pun sempat unggul jauh atas Kjaer/Sogaard 17-11. Meski sempat terkejar di poin-poin tua, saat Fajar/Rian mengamankan matchpoint gim ketiga, laga ditutup dengan kemenangan Fajar/Rian 21-17.

“Di gim pertama kami bisa mengontrol permainan dan serangan kami bisa menembus mereka. Tapi di gim kedua, mereka mulai mengubah pola permainan. Mereka mengadu di bola depan dan drive. Itu kami kurang siap mengantisipasinya. Di gim ketiga, mereka mencoba pola yang sama tapi kami sudah tahu cara mengatasinya,” jelas Rian.

Dengan hasil ini Fajar/Rian akan berjumpa dengan pasangan Korea Selatan, Kang Minhyuk/Seo Seungjae di babak delapan besar.