Komunitas bengkel layani servis gratis bagi jamaah Haul ke-19 Guru Sekumpul di Martapura

id Haul ke-19 Guru Sekumpul, KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani, Guru Sekumpul

Komunitas bengkel layani servis gratis bagi jamaah Haul ke-19 Guru Sekumpul di Martapura

Posko layanan servis motor gratis yang didirikan komunitas bengkel motor Kapuas, Kalteng di Jalan A Yani Kilometer 20 Liang Anggang Kota Banjarbaru untuk melayani jamaah yang datang ke haul ke-19 Guru Sekumpul di Martapura, Kabupaten Banjar, Minggu (14/1/2024). ANTARA/Sukarli

Banjarmasin (ANTARA) -
Komunitas bengkel bergotong royong memberikan layanan servis motor gratis bagi jamaah Haul ke-19 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul di Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu.
 
"Kami dari komunikasi bengkel motor di Kapuas, Kalteng melayani jamaah yang berangkat ke haul Abah Guru Sekumpul," ujar koordinator komunitas bengkel, Ali, di Banjarbaru, Minggu.

Komunitas bengkel servis gratis tersebut membuka posko di Jalan A Yani km20 di Liang Anggang, Kota Banjarbaru.

"Kami sejak 2014 sudah membuka posko servis motor gratis di sini setiap haul Abah Guru Sekumpul," ucap Ali.

Untuk tahun ini, katanya, servis gratis yang dilayani adalah untuk seluruh perbaikan kendaraan bermotor roda dua mulai dari tambal ban, membersihkan karburator dan lainnya.

"Asal jangan bongkar mesin saja," tuturnya.

Bahkan untuk ganti ban dalam sepeda motor, kata Ali, juga diberi secara gratis.

"Kalau ganti oli ada subsidinya," tutur dia menambahkan.



Menurut dia, servis motor gratis dibuka pihaknya sejak Sabtu (13/1) hingga Minggu (14/1) tengah malam ini.

"Sejak kemarin hingga siang Minggu ini sudah ratusan motor yang singgah untuk diservis. Kami berharap mendapatkan berkah, semua jamaah sampai di tujuan dengan selamat, demikian juga pulangnya," kata dia.
 



Diketahui, Guru Sekumpul merupakan ulama karismatik yang meninggal dunia pada 5 Rajab 1426 H atau 10 Agustus 2005 pada usia 63 tahun. Ia dimakamkan di Kecamatan Sekumpul Martapura, di depan Mushola Ar Raudhah atau tempat majelis taklim miliknya.

Haul Abah Guru Sekumpul fenomenal karena dihadiri ratusan ribu hingga satu juta lebih jamaah yang datang dari berbagai penjuru negeri.

Di sepanjang jalan banyak dermawan yang membagi makanan gratis, serta mendirikan posko-posko untuk istirahat jamaah.

Polres Banjar juga mengerahkan sebanyak 4.000 personel gabungan TNI, Polri, pemerintah daerah, dan relawan untuk mengamankan Haul Guru Sekumpul di Kota Martapura.

"Seluruh petugas yang terlibat sudah dibagi penempatannya di beberapa titik mulai pengaturan lalu lintas, keamanan lokasi parkir hingga menyebar di kawasan Sekumpul yang menjadi pusat kegiatan di Musholla Ar Raudhah," kata Wakapolres Banjar Kompol Dr Mohammad Fihim.

Untuk kelancaran pelaksanaan haul, Polres Banjar juga bersinergi dengan para relawan yang bahu membahu membantu menjaga keamanan dan ketertiban seluruh jamaah.

Fihim mengimbau jamaah dapat mematuhi arahan petugas dan relawan di lapangan demi keamanan dan kenyamanan bersama selama mengikuti haul hingga kembali ke tempat asal.