Survei : Efek Jokowi kian tingkatkan elektabilitas Prabowo-Gibran

id Pilpres 2024,Prabowo-Gibran,Capres-cawapres

Survei : Efek Jokowi kian tingkatkan elektabilitas Prabowo-Gibran

Dokumentasi - Presiden Jokowi (kanan) bersama Menhan sekaligus capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. ANTARA/HO-SPIN/aa. (Handout SPIN)

Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik dan peneliti senior Ipsos Public Affairs, Arif Nurul Imam menyatakan bahwa efek Joko Widodo semakin memberi dampak terhadap elektabilitas pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.


"Pilpres kali ini, efek Jokowi makin nyata karena terbukti elektabilitas Prabowo-Gibran makin meningkat," kata Arif saat memaparkan hasil survei Ipsos di Jakarta, Rabu.

Berdasarkan hasil survei tatap muka yang dilakukan Lembaga riset internasional Ipsos Affairs pada periode 27 Desember hingga 5 Januari 2024, elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran tercatat naik dari 42,66 persen menjadi 48,05 persen.

Sementara elektabilitas pasangan Anies-Muhaimin, menurut Arif, cenderung stagnan dari 22,14 persen menjadi 22,80 persen.

"Pasangan Ganjar-Mahfud justru turun dari 22,95 persen menjadi 18,35 persen, dan yang belum menentukan pilihan berada di angka 11,80 persen," kata dia.

Melejitnya persentase elektoral Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dinilainya tidak lepas dari efek Presiden Joko Widodo, terutama pemilih Jokowi-Ma'ruf pada pemilu 2019 yang semakin besar mendukung pasangan calon nomor urut dua.

Menurutnya, Prabowo-Gibran dianggap sebagai pasangan calon yang paling berpotensi melanjutkan program-program yang dijalankan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.