Wamentan dorong Lampung Selatan menjadi contoh produksi ternak bermutu

id Lampung Selatan ,wamentan,ternak lampung,produksi ternak berkualitas,kementan,Harvick Hasnul Qolbi ,gubernur lampung

Wamentan dorong Lampung Selatan menjadi contoh produksi ternak bermutu

Wamentan Harvick Hasnul Qolbi meninjau kandang ternak di KPT Maju Sejahtera, Kecamatan Tanjung Sari, Lampung Selatan. ANTARA/Riadi Gunawan

Lampung Selatan (ANTARA) - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi mendorong Kabupaten Lampung Selatan menjadi daerah percontohan dalam mengembangkan koperasi dan produksi ternak berkualitas untuk memenuhi kebutuhan nasional.

Wamentan Harvick Hasnul Qolbi mengatakan Lampung Selatan adalah salah satu daerah terbaik yang memiliki potensi besar dalam pengelolaan pakan hijau, pembiakan, pembuatan pupuk organik, hingga pengolahan produk turunan ternak yang bisa diproduksi dalam skala besar.

"Lampung Selatan ini menjadi contoh yang bisa kita promosikan untuk akses pasar yang lebih luas. Kami akan lakukan pendampingan bersama jajaran TNI supaya bisa maju lagi tingkat kesejahteraan seluruh anggota koperasi dan para peternaknya," kata Wamentan Harvick Hasnul Qolbi, di Lampung Selatan, Selasa.

Ia mengatakan saat ini Kementerian Pertanian (Kementan) memiliki banyak program jangka panjang yang dapat menunjang jalannya proses pembangunan pertanian dan peternakan Indonesia. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta perhatian khusus bagi para petani dan peternak nasional.

"Ke depan program-program yang ada saat ini akan kami lanjutkan, dimana Kementan memiliki banyak sekali akses bagi para peternak untuk mengembangkan skala usahanya. Kami tinggal memaksimalkan lagi program-program yang ada ini," kata Wamentan. 

Baca juga: Wamentan jamin stok pangan dan daging cukup jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Dia berharap Provinsi Lampung dapat menjaga sektor pangan sebagai kekuatan utama masa depan bangsa. Di sisi lain, menurutnya, Lampung juga diharapkan mampu menjaga inflasi agar tetap terkendali.

"Kami berharap Provinsi Lampung menjaga inflasi agar terap terkendali. Alhamdulillah, pengertian-pengertian yang disampaikan kami dari pemerintahan pusat bisa diterima dengan sangat baik," ujarnya.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah pusat dalam hal ini Kementan dalam mengembangkan peternakan di provinsi itu. 

Dia berjanji ke depan akan membangun kolaborasi aktif dengan berbagai pihak untuk mendorong tingkat kesejahteraan petani dan peternak.

"Saya senang kita sama-sama bisa membangun sektor pangan yang jauh lebih baik. Saya kira ini memberi dampak manfaat bagi kepentingan daerah dan tingkat kesejahteraan petani dan peternak, juga bagi para pelaku koperasi yang ada di Lampung Selatan," kata Gubernur Arinal.

Baca juga: Wamentan jamin stok pangan dan daging cukup jelang natal-tahun baru

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wamentan dorong Lampung Selatan jadi contoh produksi ternak bermutu