Ajang Run for PON 2023 sukses menyedot animo masyarakat

id Run for PON 2023,PON 2024,KONI Pusat,Kemenpora

Ajang Run for PON 2023 sukses menyedot animo masyarakat

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo bersama dengan Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman dalam acara Run for PON 2023 yang berlangsung di Plaza Barat Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (17/09/2023). (ANTARA/HO-KONI Pusat)

Jakarta (ANTARA) - Ajang Run for PON 2023 yang juga menjadi countdown setahun menjelang ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara sukses menyedot animo masyarakat dengan diikuti sebanyak 2.500 peserta.

“Countdown hari ini, kita dari Pemerintah Pusat melalui saya Menpora, dan dihadiri Ketum KONI Pusat selaku yang bertanggung jawab terkait dengan PON, dan yang paling penting hadir juga kepala daerah yang menjadi tuan rumah PON XXI 2024. Ini menandakan persiapan dan kesiapan PON XXI 2024 ini, kita kerjakan secara bersama, kolaborasi, dan memastikan komitmen kebersamaan untuk kesuksesan PON XXI 2024,” kata Menpora Dito Ariotedjo dilansir dari keterangan resmi, Minggu.

Ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman mengibarkan bendera tanda lari ajang Run for PON dimulai pada pukul 6 pagi WIB dengan rute mulai dari Plaza Barat menuju Jalan Asia-Afrika, ke Jalan Sudirman, lalu belok menuju Jalan Gatot Subroto untuk selanjutnya masuk Jalan Gerbang Pemuda dan finish di Plaza Barat GBK.

"Kurang lebih satu tahun lagi menuju PON yang diselenggarakan di Aceh dan Sumut, dengan itu mengingatkan seluruh elemen masyarakat untuk sosialisasi dan promosikan agar sama-sama antusias menyambut dan men-support PON XXI,” ungkap Menpora Dito.

Melihat animo positif dan besar dari masyarakat, Ketum KONI Pusat Marciano Norman berharap PON ke-21 yang berlangsung di Aceh-Sumut juga ikut sukses berkat dukungan dan kebersamaan berbagai pihak.

“Saya berharap dengan hari ini sangat baik, pada pelaksanaannya nanti juga tentunya PON yang pertama di dua provinsi dan PON pertama yang diikuti 38 provinsi akan berjalan sukses dan menjadi kenangan bahwa PON itu adalah PON pemersatu bangsa,” ungkap Marciano Norman.

Kepala Daerah kedua provinsi yang juga ketua Panitia Besar (PB) PON Wilayah Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Mayjen TNI Purn Achmad Marzuki menyambut baik ajang tersebut.

“Saya mewakili dari seluruh Masyarakat Aceh, penyelenggara, kemudian juga panitia yang ada, tentunya ini harus memacu semangat kerja kita, untuk lebih cepat dalam bekerja,” kata Pj Gubernur Aceh Mayjen TNI Purn Achmad Marzuki.

Achmad Marzuki menjelaskan bahwa Aceh terus menggenjot persiapan pembukaan dan juga pertandingan 33 cabang olahraga. Ia menyampaikan bahwa kesiapan beberapa venue sudah ada yang mencapai 90 persen.

Pj Gubernur Sumut Mayjen TNI Purn Hassanudin mewakili provinsinya juga menyampaikan terima kasih atas adanya kegiatan hitung mundur.

“Pemerintah Sumatera Utara beserta seluruh Masyarakat Sumatera Utara, sangat menyambut baik, sehingga 358 hari ke depan kami akan bekerja maksimal, bekerja total, seperti mana yang diarahkan oleh Pemerintah Pusat. Dalam persiapan akan kami maksimalkan,” kata Hassanudin.